Thursday 15 March 2018

Pantai Pandan Kec. Kintap

Siang semua kali ini ane si amang http://zainalhakimmsc.blogspot.com/ mau ngeshare mengenai Pantai Pandan Kec. Kintap. Pantai Pandan Kintap berada di desa Pandan Sari, Kecamatan Kintap, Kabupaten Tanah Laut. Pantai ini tergolong pantai baru yang baru saja dibuka pada tahun baru 2016. Pantai ini diberi nama Pandan Kintap karena pantai ini terletak di Desa Pandan Sari dan juga karena di tepi pantai ini banyak pohon pandan. Pantai ini sangat indah karena ombak yang tenang dan pantai yang sunyi sehingga menimbulkan kesan eksotis pantai tersebut. Namun sayangnya pantai ini belum banyak di kunjungi dan minimnya fasilitas seperti Bak Sampah, sehingga masih banyak sampah yang berserakan di sekitaran pantai ini. Btw, ditepian pantai ini banyak berjajar pohon dan juga ban untuk bersantai sambil menikmati ombak tenang di pantai sembari berfoto-foto ria. 
Dikutip dari : http://www.tribunnews.com/tag/pantai-pandan?url=travel/2016/02/03/pantai-pandan-ini-mendadak-tenar-karena-banyak-orang-selfie-dan-posting-foto-di-sosmed&_ga=2.262530890.77402672.1521074617-118036831.1521074617 Nama Pantai Pandan di Kabupaten Tanah Laut ternyata berhubungan dengan vegetasi setempat yakni pohon Pandan. Itulah awal kisah penamaan pantai ini. Keberadaan pohon ini sekaligus menjadi ciri khas dan salah satu pembeda dengan pantai lain. "Umumnya pepohonan yang memayungi tepian pantai kan pohon pinus. Nah, di sini selain pinus juga ada Pohon Pandan. Ini langka, itulah mengapa kemudian dinamai Pantai Pandan," tutur Suhaimi, pengurus LPK (Laskar Pemuda Kintap), lembaga pengelola pantai setempat.
Diceritakannya, sejak beberapa tahun lalu sebenarnya Pantai Pandan mulai dikunjungi warga. Tapi, lantaran kondisinya belum tersentuh penataan sehingga jumlah kunjungan tak seberapa. Sekitar dua bulan lalu, pihaknya membersihkan dan menata kawasan pantai tersebut. Antara lain menyiapkan area parkir, membangun fasilitas WC dan kamar bilas, bangku-bangku sederhana di belasan titik untuk tempat duduk pelancong. "Selanjutnya kami akan membuka akses badan jalan tersendiri yang langsung menuju area pantai sehingga akan makin memudahkan pelancong yang datang," ucap Suhaimi.
Saat ini, akses masuk ke Pantai Pandan menapaki jalan perusahaan sawit. Jaraknya dari muara jalan Trans Kalimantan ke pantai sekitar 6 kilometer. Pelancong tak perlu risau, karena jalan tersebut jarang dilintasi armada angkutan sawit. Kondisi jalannya pun lebar dan nyaman meski cuma berupa perkerasan (tapi masih ada yang rusak). Lantaran menembus 'belantara' kelapa sawit, kesejukan pun mulai dirasakan pelancong sejak menapaki akses menuju Pantai Pandan. Setiba di pantai, kesejukan kian bertambah oleh embusan angin yang membelai lembut. Pelesiran di pantai memang sudah biasa. Tapi, sensasi yang begitu beda bakal Anda lihat dan rasakan ketika berada di Pantai Pandan di Kabupaten Tanahlaut. "Ternyata memang bagus banget pantainya. Airnya biru, udaranya sejuk, dan pantainya luas. Menjangkaunya pun mudah. Jaraknya dari ibu kota Kecamatan Kintap atau dari muara jalan Trans Kalimantan hanya 6-7 kilometer. Dari Kota Pelaihari (ibu kota Tala) sekitar 80 kilometer. Rasa letih dan lelahnya terasa sirna seketika setelah tiga jam menikmati keindahan alam di pantai tersebut. Sejauh mata memandang tersaji pasir putih di bibir pantai yang seolah menjadi permadani alam yang begitu indah. Deburan ombak dengan air laut yang biru jernih makin menambah keindahan alam setempat. 
Pasca berenang pun para pengunjung tak perlu repot jika ingin membersihkan badan atau buang air kecil/besar. Soalnya, di area Pantai Pandan ada beberapa unit WC (sayangnya menurut ane masih kurang bersih dan kurang nyaman digunakaan) dan satu unit kamar bilas. Jadi, pengunjung bisa pulang dengan tubuh bersih. Bagi yang membawa mobil pun juga bisa lega, mereka bisa langsung memarkir mobil persis di sekitar bibir pantai. Apalagi area parkirnya sangat lapang, karena luasnya mencapai 5 hektare. Kelak, pengunjung dipastikan bakal termanjakan lagi ketika bertandang ke Pantai Pandan. Hal ini karena pengelola pantai setempat (LPK Laskar Pemuda Kintap) saat ini terus membenahi dan melengkapi fasilitas publik di pantai setempat.

Nah kali ini ane mau ngebahas mengenai rute jalan menuju Pantai Pandan Kec. Kintap
Dari Pelaihari melewati Jorong - Muara Asam-Asam - Asam Jaya and sampailah di Desa Pandan Sari :
Ada belokan ke Kanan bertuliskan Pantai Pandan Kec. Kintap >>>
Melewati Portal Satpam~
Ikuti Jalan dengan Plang Panah Hitam Lurus~
And nanti ada Plang Hitam terakhir arah terbalik, nah belok Kiri~
Pas perempatan Belok Kanan~
 And ada Panah Kekiri warna Hijau, nah belok Kiri~
 Karena jalan sawit, jadi masih ada yang rusak~
And ada Plang bertuliskan Pantai, nah tidak jauh dari situ ada perempatan.
 Nah ini dia Perempatan, belok kanan ke arah jalan berpasir~
 And tidak lama setelahnya bertemulah Pantai Pandan Kec. Kintap
 Pantai + Pemandangan Lautnya Keren~
Ada bangku warna-warni yang mantapp, namun sayang masih banyak sampah yang ditinggalkan pengunjung~
Ban2 ini juga bagus karena dibuat dan ditata sedemikian keren~
Okeyy, Posee~
Nah, keren kan?
Pokoknya kesini lah, mumpung masih sepi~
    Berasa, pantai pribadi wKwk
Eh, ada ayunannya juga~
Tuh kan pemandangan lautnya keren~
And disini juga banyak Gazebo2, so kalo ada hujan bisa bernaung dulu atau mau tiduran bisa, mau makan2 juga bisa, asal JAGA KEBERSIHAN ya~

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...