Tuesday 21 November 2023

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang pernah ke Bukit Lintang, pasti udah tau sama bukit ini, karena letaknya berdekatan dan dipuncaknya ada antena (entah antena apa~), makanya disebut Bukit Antena. Namun, kata temen-ku si Rezahan, penduduk sekitar menyebutnya Bukit Dilam (tapi bukan Dilan ya ges WkWk).

Nah, gak usah panjang lebar dah ya aku cerita-nya (nanti kalian muntah2 bacanya), aku mau kasih tau rute menuju Bukit Antena / Bukit Dilam.

Dari Banjarmasin menuju Liang Anggang - Bati2 - Tambang Ulang. Nah sebelum Gunung Kayangan belok kiri yah ke Jalan Telaga Biru, Desa Sei. Jelai~

Nah, ini dia gerbangnya, belok sini yah~
Pas perempatan, belok kiri yah~
Nanti sampai terlihat bukit2 hijau dan melewati Bangunan Mess (lupa moto), ada belokan ke kiri yang depannya ada warung. Belok Kiri yah gess~
Nanti dikiri jalan terlihat bangunan yg penuh dengan sawit2 disekitarnya, kira2 bangunan apa yahh~
Tetap ikuti jalan yahhh~
Nah ini dia bangunan-nya gess, mau ngintip tapi area pagar berkawat duri~ yang tau komen yah wkwk
Nah, nanti di kanan jalan ada kolam kecil kek gini, udah deket nih ama belokannya~
Ini dia gess, belok kanan~
Nah, terakhir ambil kanan lagi yah, dari sini udah keliatan bukitnya tinggi banget. Jalannya agak rusak yah dan harus hati2 banget~ Kalo udah ga kuat bawa motornya (karena jalan menanjak dan berbatu), mending parkir aja dan lanjut jalan kaki. Btw, aku kemaren sekitar 45menitan naik kesini, ngos2an banget karena udah lama gak naik bukit wKwK.. Disini ga ada biaya masuk dan parkir yah, jadi jangan lupa kunci stang motor dan amankan Helm.
Btw, ini masih belum sampai puncaknya yah. But, karena pemandangannya kece banget + udah ngos2an, jadi aku take picture dulu gess, skalian istirahat wKwK
Nah, ini dia Puncaknya ada Antenanya gitu gess, tapi sayang kondisinya Patah wKwK~
Dari atas sini terlihat Bukit Lintang, Bukit Telang dan Bukit Kasturi
Btw, kondisi Bukit ini masih dalam masa pemulihan pasca kebakaran. Jadi sebagian rumputnya belum menghijau. But, it's Okey karena di Lintang udah mulai menghijau, jadi aku ambil fotonya agak kebawah dengan backgroun Bukit Lintang. Cakep banget~

Pokoknya klo kalian Nyunrise atau Nyunset disini bagus banget, pas aku sampe puncak kan udah mau jam 8 tuh, tapi masih berkabut2 tipis gitu gess. Bayangin kalo masih jam 6 pagi, berawan2 dah tuh~
Noh, liat kan masih berkabut2 tipis, sayangnya matahari udah tinggi banget karena udah jam 8 lewat, kamera hp-ku gak bisa nangkep, kalah ama cahaya matahari, yg ada malah gelap wKwK~
Okay, buat kalian yang mau kesini atau camp harus banget yah jaga kebersihan. Kemaren tuh dipuncaknya masih banyak sampah2 dari pengunjung, kek ga bisa apa jaga kebersihan buat lingkungan, duhhh~