Wednesday 28 March 2018

KRI Dewaruci di Banjarmasin

Siang semua, kali ini ane si http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/ pengen share pengalaman pas ke KRI Dewaruci. KRI Dewaruci adalah kapal latih bagi taruna/kadet Akademi Angkatan Laut, TNI Angkatan Laut. Kapal ini berbasis di Surabaya dan merupakan kapal layar terbesar yang dimiliki TNI Angkatan Laut. Nama kapal ini diambil dari nama dewa dalam kisah pewayangan Jawa, yaitu Dewa Ruci. Sejak memperkuat jajaran TNI AL tahun 1953, KRI Dewaruci telah dua kali melaksanakan pelayaran muhibah keliling dunia yaitu tahun 1964 dan 2012. Pada pelayaran KJK 1964 KRI Dewaruci yang dipimpin Letkol Laut (P) Sumantri membawa 78 orang Taruna AAL dan 32 Anak Buah Kapal (ABK) untuk mengarungi tujuh samudra serta lima benua. Pelayaran kedua dilaksanakan 48 tahun kemudian, tepatnya tahun 2012. Pada pelayaran keliling dunia kedua ini, KRI Dewaruci dipimpin oleh Letkol Laut (P) Haris Bima Bayuseto dengan membawa 101 orang Taruna AAL dan 77 ABK. Selain menjadi primadona saat pelayaran muhibah, KRI Dewaruci pun kerap meraih berbagai prestasi bertaraf internasional. Salah satu penghargaan internasional paling bergengsi yang pernah diraih oleh KRI Dewaruci adalah Cutty Shark Thropy saat Tall Ships Race di Australia tahun 1998. 
Kapal berukuran 58,5 meter dan lebar 9,5 meter dari kelas Barquentine ini dibangun oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman dan merupakan satu-satunya kapal layar tiang tinggi produk galangan kapal itu pada 1952 yang masih laik layar dari tiga yang pernah diproduksi. Pembuatan kapal ini dimulai pada tahun 1932, namun terhenti karena saat Perang Dunia II galangan kapal pembuatnya rusak parah. Kapal tersebut akhirnya selesai dibuat pada tahun 1952 dan diresmikan pada tahun 1953. KRI Dewaruci dibuat pada tahun 1952 oleh H. C. Stülcken & Sohn Hamburg, Jerman Barat, pertama diluncurkan pada tanggal 24 Januari1953, dan pada bulan Juli nya dilayarkan ke Indonesia oleh taruna AL dan kadet ALRI. Setelah itu KRI Dewaruci yang berpangkalan di Surabaya, ditugaskan sebagai kapal latih yang melayari kepulauan Indonesia dan juga ke luar negeri.

Nah kebetulan kan kemaren tu tanggal 21-22-23 Februari 2018, KRI Dewaruci mampir di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dan katanya si terbuka untuk umum. Alhasil ane dan temen ane kesana buat nyaksiin secara langsung Kapal Legendaris tersebut, padahal itu kan pas hari kerja, so disempet2in lah pas jam istirahat and rela gak makan, cuma buat ikutan kesono wkwk. Nah ini nih penampakan and apa aja yang ada di KRI Dewaruci.
Kompas~
 Bagian Kemudi~
 Kurang tau ini apa wKakak~
 Lonceng, jadi keingat pas Sd pake ginian wkAkakkaK~
 Coba kalo ada layar putih2nya, kek nya kerennya pake ke-bangetan wkwk~
 Mantepplah~
 Ini sisi samping, ada tangga buat ke atas~
 Ini sisi samping satunya~
 ahh,, pengen di bawa berlayar rasane'
  Ini bagian atasnya~
 Rameee orang2 pada naik keatas~
 Ada yg mau bunuh diri nih wkakak~
 Ajakin adek berlayaarr wKakakk~
    Ok, kerennn~
Jdi inget film Titanic wkakak~

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...