Friday 4 August 2017

Pantai Tabanio Part 2

Siangg Semua~ kali ini ane si amang http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/ mau ngeshare mengenai Pantai Tabanio yang terletak di Desa Tabanio, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut. Desa ini terletak pada garis khatulistiwa 114,603 - 114,697 Bujur Timur dan 3,72207 - 3,99539 Lintang Selatan. Desa Tabanio menjadi bukti berdarah dalam perang perebutan takhta kekuasaan Kesultanan Banjar, yang pada akhirnya Belanda mengambil kesempatan memasuki wilayah tersebut. Sampai sekarang, peninggalan sejarah itu masih terlihat dari sisa-sisa Benteng pertahanan Belanda.
Untuk saat ini Pantai Tabanio dalam tahap pengembangan agar menjadi salah satu Destinasi Wisata yang banyak diminati masyarakat. Terlihat saat ini sudah dibangun Gazebo2 sebagai tempat bersantai / bernaung.
Selain itu terdapat pula pemecah ombak buatan, berupa pemecah gelombang kotak. Pemecah gelombang digunakan untuk mengendalikan abrasi yang menggerus garis pantai dan untuk menenangkan gelombang dipelabuhan sehingga kapal dapat merapat dipelabuhan dengan lebih mudah dan cepat. Pemecah gelombang harus didesain sedemikian sehingga arus laut tidak menyebabkan pendangkalan karena pasir yang ikut dalam arus mengendap di kolam pelabuhan.

Selain sebagai pemecah gelombang, kita juga bisa eksis disini kawan 😊


Rute menuju Pantai Tabanio, Desa Tabanio, Kec. Takisung, Pelaihari, Kab. Tanah Laut. Yakni dari Banjarmasin menuju Pasar Kindai Limpuar (Gambut / Pal 15) masuk ke jalan samping pasar yang nembusnya ke Jalan Tol.
Setelah nyampe di Jalan Tol, nyebrang ke jalan menuju Aluh2 / Kurau.
Nah pas dipersimpang sini Belok Kiri.
Belok Kiri Vrooh~
Ikuti jalan yang ada hingga berKilo2 jauhnya, hingga ±1.5 Jam~ Melewati Kurau dan Akhirnya sampai di Desa Tabanio~
Menyusuri jalan hingga nanti ketemu tulisan "Makam Keramat Abdussamad" - Desa Tabanio,
Nah masuk sini, Belok Kanan...
 Lurus melewati jembatan and pas ada belokan di dekat mesjid / langgar, pilih kanan..

Lurus hingaa pas melewati bawah jembatan, akan ada belokkan ke kiri, ke Situs Benteng Tabanio, masuk sini..
Nah ini dia Situs Benteng Tabanio...

Lurus hingga ada belokan jalan seperti ini, pilih lurus yang mengarah belokan kiri yang ujung..
Lurus aja, nanti ada belokan kanan yang kelihatan pantai, belok sana...
.
.
 Situs Benteng Tabanio~
.
.
Jangan Lupa Jaga Kebersihan Jika Berkunjung Ke Tempat Yang Satu Ini Kawan 😍😍😍

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...