Thursday 2 November 2017

Air Terjun Dan Bukit Sapu Angin

Sore Semua, kali ini ane si amang http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/ mau ngeshare mengenai Bukit Sapu Angin yang terletak di Desa Panyipatan, Kec. Panyipatan, Kab. Tanah Laut - Pelaihari. Bukit yang satu ini terbilang wisata baru alias masih jarang terjamah oleh wisatawan, pas ane kesana nampak sampah masih belum terlihat dan belum ada jalur pendakian yang dibuat. Untuk menuju wisata yang satu ini sekitar 2 jam dari Banjarmasin atau 45 menit dari Kota Pelaihari, dengan jalur pendakian yang lumayan menguras tenaga sekitar 1 - 1,5 jam bahkan lebih, dikarenakan jalannya masih tertutup pepohonan alias masih hutan perawan. Bukit yang satu ini tidak hanya menawarkan kehijauan rumputnya, didalam hutan atau kaki bukit terdapat aliran Air Terjun, cocok sekali buat yang lelah setelah pendakian untuk berendam atau sekedar menikmati kesegaran airnya. Penasaran ingin berkunjung? Scrool kebawah untuk Rute Jalan menuju Air Terjun Dan Bukit Sapu Angin.

Dari Banjarmasin menuju Kota Pelaihari, pilih Jalan menuju Pantai Batakan.
Melewati Desa Kampung Baru, Desa Sei. Riam, Desa Kandangan Baru dan Sampailah di Desa Panyipatan.
Melewati Sekolahan di Desa Panyipatan~
And terakhir bertemu perempatan, dimana diseberangnya ada Halte.
Belok Kiri~
Melewati Kantor Kecamatan Panyipatan~
Tidak jauh setelahnya ada belokan ke kiri, yang ada Langgar Atap Biru, Belok Kiri~
Melewati Jalan yang sudah tidak beraspal mulus~
Biasanya disekitar sini orang pada mancing~
And sampai di perempatan, and Bukitnya udah keliatan kok~
Noh ini dia perempatannya, Belok Kiri~
Ikuti aja jalannya menuju kaki bukit~
Masuk aja vrooh, semacam kandang sih...
Terus aja ikuti jalannya~
Ikuti jalan yang menuju Rumah Pondokan satu2nya~
Dari Jalan keliatan aja kok Rumah Pondokan di kejauhan.
And bisa markir motor disana.
Terus jalan kaki, ikuti jalan yang ada~
And sampai di aliran Air Terjun, karena kemaren pas cuaca lagi panas2nya, so debit airnya sedikit.
And sampai di Aliran Air Terjun ke-2 disini Debit Airnya juga sedikit, namun udah bisa kok buat berendam.
Nah dari sini melewati Semak2 dan Pepohonan yang lebat~
Jalan yang sangat,sangat,sangat membingungkan untuk ditempuh. Sebaiknya minta bantuan orang sana, agar gak takut tersesat.
Bahkan disini sempat ketemu Ular melintas, meski bukan ular yang besar, siapa tau ada yang besar menanti hahaha~ Alhasil demi mengurangi kesalahan dalam mengambil jalan, kami mengikuti aliran sungai berbatu menuju atas~
And sampailah kami~
Benar2 adem dan seger di atas sini. Meski agak panas karena pohon2 untuk berteduh sangat jarang.
Sebenarnya ini masih belum benar2 puncaknya, masih harus naik turun bukit lagi sekitar 30 menit sepertinya untuk puncak yang lebih tinggi. But karena udah terlalu lelah dan tegang selama perjalanan and pemandangannya juga bagus, kami memutuskan foto2 disini saja.
 Hijau and bersih~
 Hayokk kemariii and jangan lupa "Jaga Kebersihan".
Sedikit gambaran mengenai Tempat Wisata di Kecamatan Panyipatan. Ada Bukit Gelatik, Bukit Tamiyang, Bukit Sapu Angin, Bukit Lebak Naga, Gunung Birah, Bukit Timah, Pantai Batakan dan Pantai Tanjung Dewa. So, let's Come.