Thursday 31 August 2017

Susur Sungai @Mantuil

Siang Semuaa, Kali ini Ane si Amang https://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/ mau ngeshare mengenai keindahan khas Kota Banjarmasin, Yakni "Menyusuri Sungai". Kota Banjarmasin terkenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai, namun umumnya Warga Banjarmasin hanya terfokus pada Sungai Martapura (Susur Sungai di Siring), Sungai Kuin / Alalak (Wisata Menuju Pulau Kembang), Sungai Barito (Wisata Menuju Pulau Bakut). Sebenarnya selain itu ada banyak keindahan yang bisa kita temukan misalnya menyusuri Sungai Kelayan, Sungai di Tembus Mantuil, Sungai di Alalak Berangas, Sungai Kuin Kacil / Kuin Kecil, dll. Awal perjalanan kami sebenarnya ingin Susur Sungai Kuin Kacil, terinspirasi dari teman ane yang ikutan Komunitas Melingai dan FKH, pas liat foto2nya aduh keren dah, kebetulan juga ane punya kenalan orang sana yakni si Amin, yang katanya sih mau nganterin ke tempat sewa klotok + negosiasi-kan. Pas udah sampe di Dermaga Pulau Bromo, kami tidak jadi ke Kuin Kecil, dikarenakan air sungai terlalu pasang dan sudah ke-sorean. Kami memutuskan pindah rute, ane ingat sih katanya di Teluk Mendung - Mantuil ada habitat Bekantan, so ane nyaranin kesana sekalian keliling2 Susur Sungai Mantuil.
Oh iya, untuk menuju kesini pertama2 ke Jalan Tembus Mantuil, lurus melewati bawah Jembatan Basirih, trus ke arah Dermaga Penyeberangan Pulau Bromo, untuk yang kurang mengetahui jalan bisa buka GPS atau tanya warga sekitar Jalan Tembus Mantuil. Untuk tarif harga tergantung seberapa lama perjalanan yang dituju dan negosiasi dengan penyewa klotok. Untuk rute kali ini kami rasa cukup murah yakni cuma 50ribu, dihitung2 cuma 10rb per orang, dengan lama perjalanan 1 Jam Lebih. Ane sendiri lupa kemana saja perjalanannya, yang ane ingat dari Dermaga Pulau Bromo - Pelabuhan Bawang - Kubah Basirih - Kampung di Tembus Mantuil - Perusahaan Kayu - Teluk Mendung. Pas di Teluk Mendung ane tidak menjumpai Habitat Bekantan, mungkin mereka di dalam hutan dan tidak sedang menampakkan diri di tepi Sungai. But, kami benar2 merasa senang bisa Susur Sungai di tempat ini, apalagi biayanya sesuai kantong. Nih berikut foto2 kami disana~
Memasuki Perkampungan di Tembus Mantuil ~
Masih di Perkampungan~
Eksis bersama Azmi Comel, di sekitaran Sungai Kubah Basirih~

Lupa ini apa nama tempat-nya~

Yang jelas tetap Asyiik~

Di sekitaran Perusahaan Kayu~


Ahh pokoknya Asiik~

Hayook, cobain kemari.. Gak rugi deh pokoknya kawan~ 😊😊😊

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...