Thursday 4 August 2016

Hidden Beauty Of Pengaron

Minggu, 31 Juli 2016 – Kali ini ane mau ke Pengaron yang terdapat banyak keindahan tersembunyi, tujuan utama kami yakni Riam Maniapun di Desa Maniapun dan Gunung Batu di Desa Sukaramai. Beruntungnya kali ini udah ada yang nganter yakni si Rafii yang udah sering kesono, so ane kaga perlu Tanya jalan lagi pas di lokasi heheh~ Perjalanan kali ini Cuma berdua ane sama Arya, teman yang lain pada kaga ikutan, coznya katanya sih medannya susah, apalagi kalo make Motor Matic, so temen2 pada kaga ikut. Jadi, Ane sama Arya berangkat berdua ke Pengaron, bertemu dengan Rafii, Suhaimi, Hanafi dan Faisal yang juga ikutan kesono. Eh ternyata sampe sana kaga susah2 amat kok, coznya banyak yang pake Matic juga, yang perting harus berhati2 karena jalannya lumayan sempit, jadi jangan ngebut2 takutnya nabrak heheh~ Noh, liat aja dah rute menuju Riam Maniapun di Desa Maniapun dan Gunung Batu di Desa Sukaramai cuss~

Dari Martapura lurus melewati kelampayan, danau salak, astambul dan sungai raya sampai nanti di kiri jalan ada plang bertuliskan "Benteng" Seperti gambar dibawah ini :
Nah tidak jauh dari situ ada rambu lalu lintas bergambar simpangan, belok kanan untuk menuju Pengaron / Benteng..
Lurus aja, hingga sampai Desa Pengaron terus memasuki Desa Benteng, entar ada “Pasar Pengaron”, dari sini slow vrohhh~

Nanti ada pelang persimpangan/ simpang tiga belok ke kanan, masih dPasar Pengaron nah belok kanan yah~
 Terus melewati jembatan ini, hati2 yahhh~ ohh iya, rute ane kali ini cuma untuk motor, kalo mobil mungkin lewat jembatan yang ada di Desa Lobang baru, but karena ane belum pernah lewat sono, so kaga bisa jelasinnya hehehe~ yang jelas ada aja kok jalannya untuk mobil~

Pas sudah melewati Jembatan tadi, aka nada belokan kiri kanan. Nah, jembatan ini catat sebagai START POINT kita, kalo kiri ke Maniapun, kalo Kanan ke Desa Benteng dan nembus ke Desa Sukaramai

Noh sudah ada plangnya, belok kiri vrohh ke Riam Maniapun
 Jalannya sudah aspal mulus~

And setelah berkilo2 jauhnya, akan ada belokan bertuliskan Air Terjun, belok kanan yahhh~

Kalo mobil sepertinya cukup sampai sini and lanjut jalan kaki atau nyari jasa ojek heheh~

Ini dia fotonya agak dZoom

Nohh, kaya ini pang jalannya anuaee~

Pokoknya jangan SAMPai Ada Perselisihan Diantara Kita, ngalih jalan anuaee~
 Melewati jembatan kayu~

And melewati hutan karet~ jalannya udah agak besaran~

Dan terkadang ada yang rusakkk~

Noh bentar lagi nyampe kok, but ane lupa moto tempat parkirnya heheh~ Parkir bayar 5rupee alias malibu~ and lanjut jalan kaki sekitar 5 menitan lah~

And lanjut menuruni ke bawah, hati2 ya batuannya berlumut, entar jatuh ditertawain orang2 haha~

Noh ini dia air terjunnya, sayang debitnya udah menurun..

But, yang penting eksis dulu~

Eksis with semuanya, dari kiri ada Hanafi, Faisal, Rafii, Ane terus yang dibelakang ada Suhaimi dan Arya~

Eksis lagiii, dari view yang berbeda hehe~
 And kembali ke START POINT, yakni jembatan di awal tadi, kali ini arah kanannya menuju Desa Benteng
And ada plang bertuliskan Jalan Jati Negara di Kiri Jalan, belok sini~

Lurus aja ikuti jalan utama, hingga melewati Badan Pelaksana Penyuluhan

And sampailah kita di Objek Wisata Benteng dan Tambang Oranje Nassau, belok kiri yah~

Ini dia Bentengnya~
 Eksis wan kawan2s~
 Jalur Tambang vrohh~
 Ini Sumur Jaman Dulu~
 Batu Bata yang dipakai untuk membangun benteng, benar2 khas belanda lho~
 Noh ini didalamnya, katanya sih ini lubang kipas angin~

Lanjut naik keatas, menuju goa, konon ini goa nembus ke beberapa mulut goa yang lain, but ane lupa dimananya hahah~

Noh ini dia goanya, beruntung kali ini ane dan kawan2 tidak ditegur oleh penghuni goa haha~

And lanjut keatas ke perkebunan karet warga, lumayan viewnya heheh~ oh,iya disini ada penjaganya tapi kaga bayar parkir kok, cukup mengisi data tamu yang berkunjung aja, kata beliau ini dikirim gitu datanya, sekalian pengen tau respon pengunjung mengenai Benteng Pengaron~

And lanjut ke Gunung Batu di Desa Sukaramai, tanya2 info mengenai jalannya Alhamdulillah dapat pencerahan heheh~  Dari tulisan tadi “plang Objek Wisata Benteng dan Tambang Oranje Nassau”, kita ambil lurus aja, mengikuti jalan yang ada, jalannya belum aspal sih tapi lumayan gak susah djalananin.

Entar menaiki jembatan besar, eh ketemu ama yang beginian disebelah kirinya. Jembatan ini lumayan unik karena menggunakan pohon besar sebagai penyangga, mungkin ini jembatan darurat sebelum pembuatan jembatan besar, lumayan buat eksis bentar heheh~

Lurus aja hingga ada simpangan jalan, pilih kiri~ disini bertuliskan Desa Lobang Baru, tapi pas Tanya warga katanya ini udah di Desa Sukaramai, mungkin perpecahannya kali ya~ Kata warga kalo mau ke Gunung Batu, ikuti aja jalan ini terus, nanti ada belokan ke kanan, lurus aja hingga ke gunung batunya~
__Belok Kiri Dulu__

Lalu Belok Kanan~
 Terus melewati jembatan kecil ini, kalo mobil lewat jalan yang melewati sungai kecil~

Lurus aja hingga jalannya mengecil sampai keatas, kalo mau aman(takut nanjak keatas) parkir aja dibawah trus lanjut jalan kaki~  Gunung batu secara fisik gunung yang masih sering ditambang, terlihat bekas pengerukan2 disana sini, agak2 gak gersang, but ternyata menyimpan view yang keren, karena Gunung Batu ini dipagari Bukit2 hijau + Sapi2nya juga masih bertebaran sana sini cuma didalam pagar, jadi kaga bebas berkeliaran heheh~ eksis dluuu~

Noh, itu dia yang putih2 itu sapi2nya hehe~

Foto bareng semuanya dluu~

And, karena udah hamper jam 5 kami pulang, sebenarnya kaga benar2 pulang juga,coznya  Ane sama Arya ke Danau Biru Parta dulu, beliau ngebet pengen kesono. Kali ini Cuma berdua karnea temen2 yang lain udah sering kesono, termasuk ane wkwk but kaga apa2lah anterin bosh ape kesono hehe,eh ternyata pas sampe sana kamera ane udah drop alhasil ane kaga foto2, Cuma si beliau yang eksis heheh~
Beruntung trip kali ini sukses sesuai rencana hehe~ Ayookk, yang mau kesini skalian ketempat2 lainnya juga, selain Danau Biru Parta disini juga ada Bukit Janar, nohh ayo ke Pengaron ^_^