Thursday 18 August 2016

Rampah Minits dan Bukit Pihandam a.ka Titi / Jabang

Sabtu - 30 April 2016, and now di edisi #latepost kali ini ane mau share perjalanan kami (Ane, Wahyu Ganal, Wahyu Halus, Ahul dan Edi) ke  Rampah Minits dan Bukit Pihandam a.ka Titi / Jabang yang ada di Hulu Sungai Tengah (Barabai). Karena ini udah terlalu lama, ane sendiri lupa detail menuju kesini, yang jelas sekitaran jam 8an berangkat dari Banjarmasin and ngebut SENDIRIAn <karena ane dan teman2 yang lain terpisah berangkatnya> and finally ngumpul semua  kawan2 di rumah sepupu ane (Ipin) sekitaran jam setengah 11, and lanjut makan and minum hingga berangkat ke rumah Edi yang ada di Birayang pas Dzuhur, so kami sholat terlebih dahulu and rencananya kami ke Rampah Minits terlebih dahulu baru ngecamp ke Bukit Titi. Rampah Minits berada di Desa Muara Hungi, Kec. Batang Alai Timur, sedangkan Bukit Titi  / Jabang berada di Kampung Pihandam, Desa Hawang, Kec. Limpasu. Noh untuk Rutenya scroll ke bawah vrohh~
<Atas> Rampah Minits - Bukit Pihandam a.ka Titi / Jabang <Bawah>
Menuju Air Terjun ini gampang2 susah, karena hanya mengikuti jalan utama / menuju Birayang. Nanti pas di Pasar Birayang akan ada perempatan, ane selalu kaga sempat foto perempatannya, yang jelas disitu ada belokan ke kanan bertuliskan Desa Batu Tangga, nah belok kesitu....  Lurus aja hingga nanti melewati Bendungan Sakutang Indah...
And lurus terus ikuti jalan utama, and ada persimpangan ke kiri. kalo belok ksitu menuju Desa Nateh / Desa Salak / menuju Bukit Rindang, Goa Sawar, Bukit Kincir dan lain lainnya... Noh kitajuga belok kesini vrohh~

Lurus aja melewati Bukit Pono, Melewati Gunung Balu, Melewarti Pemandangan Jembatan dan Sungai Nateh, Melewati Simpanagan ke Bukit Kukup / Panyulingan dan Goanya, terus aja Melewati Tulisan Goa Sawar dan Bukit Kincir, Intinya jalannya LURUS AJA~ And nanti sampai di Desa Pembakulan~
Lurus aja melewati jembatannya~
Melewati bangunan SMP~
Noh seperti ini jalannya heheh~
And nanti ada belokan ke kanan, yang bersemen~ Belok ke situ~
ini dia, jalannya lumayan kecil, so hati2 kalo pas hujan~
And melewarti jembatan gantunngnya~
And sampailah kite di jalan yang agak2 mudah longsor and bertanah merah, so harus hati~
But, viewnya baguss, kita cekrek cekrek2 bentar lah~
And still mengikuti jalan utama, disini kita memasuki Desa Muara Hungi~
Lurus ajeh yee~ Ikuti jalannya aja~
And pas ada cabang jalan, pilih ke Kiri bukan yang lurus...!
And melewati Jembatan Muara Hungi, and jalangan ambil lurus pas melewati jembatannya, tapi pilih ke kanan....
Noh ini dia, belok kanan. Saran ane lebih baik taruh motor di rumah warga, karena lebih aman, karena tidak terlalu jauh lagi untuk memasuki jalan setapak ke Rampah Minit, karena jalannya lumayan agak rusak~ and kalo belum pernah kesini, mendig  inta bantuan warga untuk minta guide kesana~
Noh, seperti ini jalannya harus ekstra hati2, and itu dia belokan ke jalan stapak menuju Rampah Minits, pas ada belokan ke kanan~
Noh, karena ini hutan2 karet + hutan2 bambu, so cuma sampe sini naruh motornya and lanjut jalan kaki~
Oke kita jalan kaki~
Ane sendiri lupa2 ingat, yah anggap ini semacam gambaran menuju rampah minits lah...
and pas cabanag jalan, ambil kiri~
And still kiri (jalannya agak mengarah ke kiri bila ada belokan and menuju sungai)
And sampai di Sungai kita jalan trus nyebrang, ikuti jalan setapaknya~
Ane agak2 pikun alias lupa, apakah ini sungai yang sama, yang jelas ikuti arah sungai wkwkwk~
And ini yang terakhir jalan sungai hingga nanti bertemu sebuah kolam besar~
Noh ini dia kolamnya, sungainya agak keruh karena sepertinya kondisi air baah, jadi tercampur tanah dari atas gunung~
Ini dia Rampah Minits Tingkat 1, kecil tapi panjang dan agak menyeraman kalo nyemplung dari atas, takutnya jatuh ketimpuk tangga~
Eksis dlu~
And foto bersama, yang didepan itu Ahul, trus Edi, Ane, Sepupu ane Ipin, and Duo Wahyu~
And kita lanjut keatas ke Rampah Minits Tingkat 2, disini ane baru berani nyemplung, tapi cuma dipinggir2an, kalo ketengah takut hanyut kebawa arus wkwkwk~
Eksis dlu lah~
Eksis with merekaaa, kali ini Wahyu Halus aja yang ikut, yang satunya udah mau balik duluan~
Sebelum balik (turun), ane eksis bentar disini, noh ini bahayanya berenang and kebawa arus air terjun, lubang menganga sudah menunggu, entah itu Goa Air atau apa, yang jelas takutnya kalo masuk kesitu, kaga bisa balik lagi hehehe~
And karena udah hampir senja, kita balik ke rumah Edi di Birayang... Sebelumnya kita mampir ke sungai di Nateh, tapi airnya keruh sama seperti di Rampah Minits tadi, alhasil kaga jadi eksis disana, and cuma ke Jembatan Gantunggnya, but Fail hasilnya alias gagal hahaha~
Ya wes kita foto2 yang normal aja di Jembatannya, kaga bisa kaya orang2 itu motonya wkwkwk~
Cakep dah~
And sampai Rumah Edi pas maghrib, sepupu ane si Ipin balik duluan kaga ikutan ngecamp. And kami lanjut bersih2 badan + makan nasi goreng yang disponsori oleh @Wahyu_Oden. And lanjut lepas Isya ke Bukit Titi bareng kawan2 Edi yang ane lupa namanya hahaha~ Sebelumnya kita ijin terlebih dahulu and isi buku tamu di kantor kepolisian pihamdam~ And lanjut naik keatas, karena tracking malam ane kaga sempat moto2 plangnya and pas siang (minggu) baterai kamera ane habis heheh~ Pokoknya dari Birayang menuju Kampung Pihandam, Desa Hawang, Kec. Limpasu, annti ada plang bertuliskan Bukit Pihandam di kanan jalan~ Noh ini dia pemandangan Bukit Pihandam / Titi / Jabang, Minggu, 01 Mei 2016.
And dibelakang ane ada Bukit Kincir, Gunung Balu dan Bukit Pono~
Kta si Edi, yang Kecil Itu namanya Bukit Pono~
Trus, yang tinggi itu nampak di kejauhan yakni Gunung Halau-Halau~
Noh, ini dia tiga tenda yang mengisi Puncak Gunung Titi~
Candid By Ahul wkwk~

And foto bareng semuaaaaa~ Thankss Minaa~
Yuk, Yang mau kemari but selalu jaga kebersihan ya Vrohhh~