Tuesday 12 May 2020

Air Terjun Mantawila Barabai

Hai Cabatt udah lama yaa ane gak update, gak ada yang nungguin juga kan, oke sipp wkwk~ kali ini ane si http://zainalhakimmsc.blogspot.com/ mau ngerekomendasikan tempat wisata yang masih alami banget, alias masih belum dijadikan wisata berbayar~ Sebenarnya nih udah lama banget perjalanan ini, udah hampir 2 tahun keknya tapi belum ane post sampe detik ini wkwkk parah~ oke ane cerita dikit yaa, awalnya nih kan suka intip2 postingannya Nafi Alfathani, trus ketemu foto Air Terjun ini, jadi ngiler pengen kesana wkwk~  Kala itu rencananya kan Sabtu 17 Maret 2018 (tuh kan 2 tahun wKwK) mau kesana~ ane pikir2 siapa ya, siapa ya yang diajak kesana~ motor juga gak ada (karena motor ane lagi ada problem) tapi kaki dah gatel mau kesana, mumpung masih belum banyak kan yang kesana~ 


And ane kepikiran ama temen ane si Dian, and pas banget dia + motornya katanya ready aja kesana. Waduh beruntung banget kan akhirnya ane dapat pinjeman motor (wkwk parah)..   Pagi hari sabtu ane berangkat dari rumah trus ketemuan ama dia disuatu tempat, kala itu ane gak pamit sama mommy karena dijamin gak di-ijinin kan wkwk jadi ane main kabur aja deh wkwk  sesampainya di tempat janjian, ane parkir motor dlu ,trus boncengan pake motornya gass full menuju Barabai.. Sesampainya Barabai ane malah lupa jalan, dan lanjut ke Birayang. Harusnya kan pas memasuki / sebelum kota Barabai ane belok ke daerah Pagat Batu Benawa. Tapi kala itu ingatan ane lagi konslet dan malah terus ke Birayang. Sampainya di Birayang baru belok ke Pagat Batu Benawa, sebenarnya banyak waktu terbuang percuma karena ini jalannya memutar dan harus tanya warga sekitar dulu, karena ini first time ane lewat sini, alhasil tiap simpangan ane harus tanya jalan sama warga sekitar. But dibalik itu semua, ane gak nyesal waktu terbuang percuma karena salah jalan. yang ane sesalin kenapa waktu itu fokus nyari jalan biar gak kesorean sampai tujuan. Harusnya ane luangkan waktu sedikit potret2 ditempat ini, yang ane sendiri lupa nama desanya apa. Pokoknya kalo ke desa ini, jam 11/12 siang, langit lagi biru2nya, pemandangan didesa ini kece parah~ Terlihat banget susunan bukit2 memanjang yang kalo di peta namanya "Pegunungan Meratus", meski sebenarnya bukit2 ini udah ke potong2 dari desa a ke desa z, tapi kalo dari desa ini jelas banget keliatan dari arah kanan depan hingga kiri depan itu tuh bukit2 yang harusnya jadi satu berderet menjadi pegunungan, kek nyatu memanjang, kece parah pokoknya, sayang nya kemaren gak sempat foto2 ishh...

And sampe lah ane di Desa Pagat Batu Benawa, dari sini lurus aja kan ikuti jalan, melewati Wisata Pagat Batu Benawa, Wisata Air Panas Hantakan, Wisata Manggasang, Wisata Limbuhang Haliau, pokoknya lurus aja ikuti jalan and sampailah di Desa Hinas Kanan (untuk rutenya next di akhir ya, mo bikin story dulu meski gak ada yang baca wkwk~) karena keburu dah jam 1 atau 2 siang kalo gak salah, ane gak bisa ikutin petunjuk Nafi Alfathani buat nyari ni air terjun sendiri, so ane tanya warga sekitar kali aja da yang mau anterin kan, and ternyata ada 3 orang yg mau anterin, sebut saja mereka Upin, Ipin dan Apin wKwK
Start awal kami yakni Kampung Arangani, Desa Hinas Kanan, Kec. Hantakan, dari sini jalan menanjak dengan jalan berupa Paving Block, nah kek gambar dibawah ini gess~
Nanti akan ketemu simpangan jalan ke kanan, kek digambar ini. 
Dari sini parkir motor trus lanjut jalan kaki yaws~
Gini nih jalan yang di lalui, jembatan kayu ala2 wkwk~
Ati2 ya mbaknya wkwk~

Entar pilih jalan kiri buat turun~
Penuh dengan pohon2 bambu, keknya kalo malam dsini mantep nih, kali aja da penunggu pohon bambu kan kan wkwk~
Jalan yang di lalui seperti naik turun sungai, 
tapi nyatanya kita berada ditengah2 bukit lo wkwk~
Sesekali terlihat pancuran air, air aasli pegunungan gess~
Turun dari bukit menuju sungai~
hati-hati loh mbak-nya wkwk
Nah finally kita sampe di real aliran sungai besar, 
konon katanya disini pernah terjadi air bah lho, padahal kalo sekarang keliatan air nya kek tenaaaaaaang banget~ 
yah kalo di daerah gunung sih emang gitu, air tenang bisa menghanyutkan wkwk~
kita nyebrang dulu gess, airnya aja udah enak buat berendam. Gak kebayang kan Air Terjunnya gimana~

And sampailah di jalan yang ekstra hati2 nih~
lanjut lagi kita lewat sungai~  oh iya kenapa dari awal gak lewat sungai? 
karena kalo start awal dari sungai, itu kek memutar gess~ makanya harus nyebrang ke jalan pintasan gitu~
Disini pass banget buat foto2, batu2 dan sungai bening, i love it~

Bersama Upin, Ipin dan Apin~

And ternyata kita harus naik naik lagi nih, nyebrang gitu ke jalan yg agak mendaki~

btw ini buah apa ya, ane lupa wkwk
And sampailah kita menurun jalan ke anakan sungai, pilih kanan gess, kalo kiri ke sungai besar lagi...  #ask : kenapa gak lewat sungai besar? karena bakalan susah, jdi lewat jalan itu biar kek jalan pintas gitu~ 

Jalannya harus hati2 ya, karena banyak batu yang lumutan~

And finally sampailah kitee, langsung deh yah kita eksis foto2 dsini wkwkwk
Sayangnya kan disni udah beberapa hari gak ujan, jadi debit airnya kurang banyak~

Cuman masih bisa bikin puas kok main2 kesini~
and setelah puas kami kembali ke habitat masing2 alias tempat markir motor, tidak lupa ane berikan uang sebagai tanda terimakasih udah mau anterin kesini,,  eh tuh anak2 pada kegirangan dan langsung kabur naik motor menghilang pada mau ke alfa*** atau Indo*** versi lokal, keknya pada mau belanja wkwkw~

and karena perut udah berasa lapernya, kami pun cari makan disekitaran situ, sambil makan kami cerita2 and finally sampe ke curcol masalah jodoh, ya ampun wkwk~   gak berasa ya udah 2 tahun, rasanya baru kemaren kita curhat2 masalah jodoh, eh tau2nya udah Sampe Jodohnya juga nih buat temenku Dian yang udah tukeran cincin, eaaa~ Semoga langgeng sampe tua2 ya, and harus tetap dongs jadi anak penjelajah, next ditunggu foto bareng pasangan sah di atas gunung wkwkk~

Btw, ane mau tunjukin Rute menuju Air Terjun Mantawila Barabai, semoga bener aja yaa, soalnya udah 2 tahun, jadi rada2 lupa jalannya wkwk~



Sebelum sampai di kota Barabai, kalian akan nemuin simpangan yang bertuliskan "PAGAT", nah belok kanan Gess~
Belok sini yaws~

Truss aja jangan beloks~
 Nanti akan ketemu simpangan yang dekat Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, pilih ke arah Pagat Batu Benawa yaws~ jangan ke arah Kota Barabai~
Dari sini nih lurus aja ken yaa, jangan pada beloks~
 Nah pilih lurus ke desa Desa Hinas Kanan, kalo belok kanan ke Waki atau wisata Goa Limbuhang Haliau, Riam Bajandik dll lah pokoknya~
 Lurus hingga sampe di Kampung Arangani, nah sampe deh~
 
Oke, next setelah pandemi Covid-19 ini berakhir, jangan lupa ke tempat yang satu ini ya gess~

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...