Tuesday 12 May 2020

Goa Limbuhang Haliau, Barabai

Oke semua, balik lagi bareng ane si http://zainalhakimmsc.blogspot.com/ di postingan kali ini ane mau post mengenai Goa Limbuhang Haliau Beserta Rute Menuju Kesananya, moga gak nyasar yah liat rute ane wKwK ...  Btw ane mau cerita dikit nih, sebenarnya ane gak ada niatan mau ketempat ini lo gess, awalnya tuh kan pas Tanggal 09 Desember 2018 tuh kan hari Minggu, sepupu ane si Ipin lagi Wedding Day, nah jadi ane kesana-kan sama temen ane si Dani, sekalian minjem motornya wKwK Entahlah pas di hari penting, motor ane rada2 gak beres, untungnya dia free, and katanya mau sekalian ke rumah keluarganya di Batu Benawa, Barabai. Jadi kan pas nyampe tempat wedding sepupu, trus numpang makan dan minum, lanjut ke rumah keluarga Dani di Batu Benawa. Kan pas menuju rumah keluarganya ane liat tulisan spanduk Goa Limbuhang Haliau, so jadi berpikir mau kesana lepas bersilaturahmi~ Pas di Goa Limbuhang Haliau-nya Kalo gak salah sudah sekitar jam 2 atau jam 3 sore, jadi gak pas siang, padahal katanya kalo jam segitu sinar matahari pas masuk ke dalam lubang goa, warna airnya juga jadi lebih jrengg~ tapi yah gak papalah, syukur2 juga kan airnya masih biru wKwK~ okeh yang mau tau rute menuju Goa Limbuhang Haliau, bisa cek di bawah Gess....

Sebelum sampai di kota Barabai, kalian akan nemuin simpangan yang bertuliskan "PAGAT", nah belok kanan Gess~
Belok sini yaws~

Truss aja jangan beloks~
 Nanti akan ketemu simpangan yang dekat Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, pilih ke arah Pagat Batu Benawa yaws~ jangan ke arah Kota Barabai~
Dari sini nih udah hampir sampai yaws~
 Nah pilih kanan ke Waki atau wisata Goa Limbuhang Haliau, Riam Bajandik dll lah pokoknya~
Wisata Goa Limbuhan haliau ini berdekatan dengan Baruh Bunga Outbond, jadi bisa lah mau pilih yang kiri apa kanan atau keduanya tapi gak mungkin bersamaan kan wkwk~

Tuh kan Keren kan foto2 ditempat ini~
Awalnya dulu yaah, kirain Goa ini bentuknya besar nembus ke sungai gitu, ternyata lebih ke Goa yang memiliki Telaga Mini di dalamnya, memang airnya nembus ke Sungai tapi hanya berupa aliran kecil, so kita gak bisa muter2 jauh menggunakan Perahu Karet, hanya sekitaran Telaga Mini~
Oh iya, Goa ini juga memiliki cerita mistis didalamnya lo~
Menurut Pengelola Gua Limbuhang Haliau, Rosyadi. Penunggu ini digambarkan dengan sosok perempuan berparas cantik. Namun, dari perawakan bentuknya setengah ular. "Penghuninya baik, tidak mengganggu," katanya.
Bahkan, menurutnya, bagi orang yang punya pengelihatan indera keenam mampu melihat dan merasakan kehadiran penghuni gua. "Kebanyakan pengunjung kami ada yang cuci muka. Cuci muka ini dipercaya agar siapapun yang memandang akan suka dan tidak akan bosan," katanya.

Menurut Pengelola Gua Limbuhang Haliau, Rosyadi, jika ingin cuci muka harus ada yang ditinggalkan pengunjung. Yang biasa ditinggal saat cuci muka yakni bunga dan parfum atau wewangian. 
Menurutnya, hal itu harus dilakukan mengingat penghuni gua menyenangi bunga dan wewangian.
"Hanya sebagai syarat saja," katanya. Ia pun sering memanggilnya dengan sebutan putri.


Sumber Artikel ini banjarmasinpost.co.id 

Tapi kalo gak salah sih sekarang di Wisata Goa Limbuhang Haliau sudah diberi kemasan kekinian, ada spot2 foto-nya, memang terlihat menarik namun sisi alamiah nya jadi berkurang Gess~
Gimana, tertarik ketempat ini~~

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...