Saturday 14 May 2016

Air Terjun Sungai Lucuk dan Gunung Menggindang #ExploreTapin

And masih di hari yang sama, ane dan kawan2 (Andre, Wahyu dan Zaini) setelah puas bereksis ria di Air Terjun Tanah Rata Binuang, kami lanjut lagi ke Air Terjun Sungai Lucuk dan Gunung Menggindang di Rantau, and temen ane si Dilah ngeSms katanya ikutan and ini dia nungguin di Mesjid Al Fallah Rantau, so kami cus nemuin tu anak. Pas sampe sana kami atur strategy militer yakni nyari Air Terjun dulu, coznya kalo naik bukit tengah hari panas pake kebangetan, apalagi kurang info mengenai Air Terjunnya (kalo ke Gunung Menggindang si Dillah udah pernah - so aman terkendali), and startegy kedua yakni beli minuman di warung di sekitaran desa Pipitak Jaya sambil nyari2 informasi (kebetulan kami belum pernah kemari dan kurang info mengenai Air Terjunnya), but syukurlah ada warga yang baik hati nganterin kesana and finally kami berhasil kemari hehehe~
Air Terjun Sungai Lucuk a.ka Air Terjun Batumpang Dua
Gunung / Bukit Menggindang

nah sekarang rutenya, dari banjarmasin melewati Banjarbaru - Martapura - Astambul - Sungai raya - Simpang Empat / Pengaron - Desa Sungkai  - Tungkap - Binuang - Pulau Pinang - Tatakan ( Makam Datu Sanggul ) - Tambarangan dan sampai di Simpang Tirik (liat gambar dibawah ini)...
 Dari Taman Tirik lurus hingga berjumpa bundaran dan belok kanan Ke Kecamatan Piani (Arah dalam kota Rantau). Kalau ambil lurus maka akan ke kota Rantau.
 Lurus mengikuti jalan utama hingga beberapa Km jauhnya akan bertemu dengan Terminal
belok kanan ya all~
Pas di terminal akan nampak simpang empat, belok kanan untuk menuju Desa Baramban (Seperti Gambar diatas)...
...ini jalan masuk ke Desa Baramban... (Gambar Bawah)
 Lurus aja mengikuti arus, nanti ada cabang jalan, pilih yang belok ke kanan bertuliskan Piani. Kalo lurus ke Lokpaikat.
Melewati Desa Bitahan Baru, and pas belokan pilih kanan.
lurus aja melewati jalur tambang~
terus ikuti jalan utama, and nanti bertemu jalur tambang lagi, lewati aja vrohh~
kiri kanan yang penuh galian tambang, miris~
 tambang oh tambang~
but i'm still eksis here hahaha~
 Lurus aja ikuti jalan utama....
 Hingga nanti menemui " Hutan Penelitian " itu berarti sudah dekat dengan Desa Baramban
 Melewati bukit2 hijau nan cantik.. Still Lurus..
 Nanti akan ada plang di kiri jalan bertuliskan " Selamat Datang di Objek Wisata Goa Beramban "
belok kanan kalo pengen kesini, but karena ini bukan tujuan kita, still LURUS~
and bertemu jalur tambang lagi, still lurus~
and pas cabang jalan (Selamat Datang Di Desa Miawa), pilih kiri ke Desa Batu Ampar / jangan belok kanan yah~
and sampailah di Desa Batu Ampar, belok kanan kalo ke Gunung / Bukit Menggindang,
karena kita mau ke air terjun duluan, we still lurus menuju Desa Pipitak Jaya
melewati Sungai Di Sepanjang Jalan, it's cool
and sampailah kite di Desa Pipitak Jaya
and terus ikuti jalan utama hingga nyampe di Batas RT. 04, coba tanya warga sekitar coznya Air Terjunnya udah deket~
kalo malu bertanya ya, sekitar 50/100 meter akan ada warung di kanan jalan, belok kesini
lurus aja, terus belok kiri pas didepan rumah ni orang~
jalannya agak licin dan kecil so harus hati2, but cuma bebrapa meter kok~
and sampai di tulisan Turunan Curam, stop disitu, parkir motor and lanjut jalan kaki sekitar 500meter lah~
Hati-Hati~
 and sampailah kita di Air Terjun Sungai Lucuk, ada yang nyebutnya Air Terjun Batumpang Dua, mungkin karena Air Terjun ini 2 tingkat dan andai saja pohon2 yang rimbun ini kaga nutupin, maka akan terlihat 2 Air Terjun yang jatuh~
nah ini yang tingkat keduanya~
 ISIS? hahahaa ini bukan teroris atau erotis wkwkw maksudnya Ikut Sana Ikut Sini alias ISIS hahah~
 kolamnya itu loh luass, jadi puas dah mandi disini~

foto bareng semuaaa~
 eksis itu wajib hahah~
kalo kaga salah udah jam setengah 4, so kami balik badan menuju Gunung Menggindang~
biaya parkirnya 5ribu perorang, murah kok~
and kaya Bukit Rimpi Pelaihari, gak susah mendakinya~
yang agak susah itu ke puncaknya, wkwkwk belum ada talinya, so kebanyakan yang turun pada meluncur wkwk~
and hujan2 gerimis datang, menimbulkan pelangi nan indah muncul~
syukurlah cuma hujan panas, but silauuu buat foto2~
okee, kita ngadap belakang ajj yah all fotonya biar kaga silau wkwk~
semakin lama pelangi nya terlihat jelas, beruntung bangat dah~

udah jam setengah 6 sore, saatnya balik kekandang but numpang eksis bentar sebelum pulang wkwkw~