Wednesday 25 May 2016

Riam Tayak #ExploreBalangan

Sabtu, 21 Mei 2016 - Kali ini ane mau ngeShare perjalanan ke Riam Tayak yang ada di Balangan. Awalnya sih hari itu "Harusnya" ke Mandin Mangapan but karena bertepatan dengan Malam Nisfu Sya'ban, finally diundur ke Sabtu depan, and karena ini badan + motor udah siap mau jalan2 tapi kaga jadi, so ane cuss aja dah otw Balangan, mumpung sepupu ane si Ipin juga free. Dari Banjarmasin sekitar jam 7 pagi ane sudah ninggalin neh kota, meski badan lagi masuk angin kaga jelas, tetep dipaksa2in buat kesana, ternyata oh ternyata jalanan pada basah dibeberapa tempat mungkin hujan ringan (but syukurlah pas ane lewat hujan udah reda), tapi dinginnya itu loh nusuk ke badan. And karena hari Sabtu jalanan sepi, so ane pacu ne Kuda Besi Biru sekencang2nya, kaga peduli ini badan kurang fit, and akhirnya sampe di Barabai jam setengah sepuluhan di rumah sepupu ane. Sampe situ ane minum obat masuk angin dan minum teh hangat biar ini badan normal lagi, and lanjut berdua sama sepupu ke Balangan. ~

Cuaca semakin lama semakin buruk, apalagi pas di Balangan / Paringin, tepat di dataran tingginya terasa banget angin hujan berhembus kencang, hanya bisa berharap hujan tidak datang, but setelah melewati Kecamatan Juai, hujan turun dengan derasnya, terpaksa mampir bentar buat mengamankan alat2 elektronik ke dalam kantong plastik biar kaga basah, sambil ngecek Hp ternyata udah jam 11, and kami lanjut lagi kesono hujan2an (karena lupa bawa jas hujan). And sampai di Kecamata Halong hujan sudah reda, but disini kami kebingungan mencari jalan ke Desa Uren, and finally muter2 kaga jelas di perempatan Pasar Halong, wkwkwk~ But ingat Pribahasa "Malu Bertanya Sesat Dijalan", so ane tanya2 tiap ketemu anak2 pelajar / orang pasar disono (kebetulan jam pulang sekolah), and finally ketemu juga jalan menuju Desa Uren. Sebelum kita sampe ke Desa Uren, akan melewati Desa Padang Raya, dll and nanti sampai di Desa Tabuan akan ada belokan ke kiri melewati Jembatan Besi, nah belok sini. Dari sini pemandangannya bagus2, entah apa2 nama Bukit/ Gunung Batu di daerah sini, apalagi karena bekas hujan, pada berselimut awan2, wih keren dah heheh~  And tibalah kami di Pasar Uren, and lewati dikit nanti ada belokan ke kiri (jalanan berbatu / belum aspal), kami mampir bentar di warung buat ngisi bensin, and sambil tanya2 info lagi, ternyata benar jalan yang akan kami tuju dan terlihat ada dua motor yang berpenampilan "sedang" ngeTrip (dengan empat orang penumpang) melintas / belok ke jalan tersebut, ohhh ternyata benar pikirku~  Kami pun melewati jalan itu dan masih terlihat 4orang tadi di pinggir jalan, seperti sedang nungguin seseorang, pas kami hampir dekat, mereka juga berangkat (loh, nungguin kami?). Pas di jalan yang agak susah (menanjak), ketua rombongannya berhenti, nyuruh temennya yang pake matic duluan and karena dekat ama tuh orang, ane coba2 tanya duluan, Ke Tayak jua kh? heeh ksana jua jer, duluan aja coznya jalannya agak susah kalo barengan ujarnya. Dengan penuh hati2 ane melewati jalan tanah merah yang habis kena hujan, bahaya loh ini licin, and sampai atas ketemu temennya (terlihat mereka habis jatuh, karena baju2nya sebelah kotor), and ane males nanyain jatuh kh?, jadi pake sapaan yang biasa aja, Ke Tayak jua kh? darimana neh? Dari Batu Mandi berangkat katanya, pian pang ujarnya, ane dari Banjar tadi berangkat and karena temennya (ketua rombongan) udah ada dbelakang, kami melanjutkan perjalanan and sampailah di Hampang (masih wilayah Desa Uren), and markir motor di tempat yang sudah disediakan. Lanjut jalan kaki sekitar 45 menit dengan jalan yang kotor bekas hujan, and beruntung ane bertemu sama 4 orang ini, karena pulang pergi ditemani mereka (padahal kaga minta loh wkwk), and enak juga ngomong sama mereka seputaran wisata, hanya saja kami tidak berkenalan hahaha~ Rasanya sekitar jam setengah 1 kami sudah ada di Tayak and jam 4 balik ke barabai and sampainya jam 6 sore, niatnya sih pengen langsung balik ke Banjarmasin, coznya paling jam 9 malam sampe rumah, but kaga di bolehin acil (tante), disuruh nginap dulu. noh, buat yang pengen One Day Trip ke Tayak bisa aja kok hehehe~

Noh sekarang ane mau ngebahas rute ke riam tayak~
ini ilustrasi peta menuju Halong, kalo pengen jelasnya bisa buka GPS, karena kesana juga pakai GPS, Tapi untuk ke Uren harus tanya2 warga sekitar biar kaga sesat~
Dari Banjarmasin melewati Banjarbaru, Martapura, Rantau, Kandangan dan Terakhir Barabai. Terus ikuti plang jalan yang menuju Tanjung. Nanti kalo sudah memasuki wilayah Kabupaten Balangan, akan bertemu Ruang Terbuka Hijau Di Batu Mandi
Mampir dulu lah buat eksis~
And pilih jalan ke kanan pas ada tulisan BALANGAN, kalo lurus rasanya ke Lampihong
~kalo jalan yang anda tuju benar, maka akan melewati Mesjid Al-Akbar Balangan
   And melewati Taman Hijau Balangan - noh bisa eksis bentar disini, cuma bayar parkir 2ribu~

And sampai di Paringin, di bundarannya pilih kanan =>>>  ke Juai / Gedung Sanggam
kalo lurus Ke Tanjung
kalo kiri rasanya Ke Lampihong
Nah ini dia, melewati Gedung Sanggam
Lurus aja ikuti jalan utama~
Lurus aja melewati perempatan, rasanya kalo kiri ke Tanjung, kanan ke Tebing Tinggi / Awayan
Ini hampir memasuki Kecamatan Juai

And sampailah kita di Kecamatan Juai
Lurus aje hingga memasuki Kecamatan Halong
And lurus aja melewati pertigaan lampu kuning~
and Memasuki Desa Halong
Pas ada lampu kuning, belok kanan menuju Pasar Halong~
Noh, ini dia belokannya~ belok kanan
and pas pertigaan belok kanan~ ke Jalan Menuju Desa Uren
Awalnya kami belok kiri dan muter2 di tugu dekat Pasar Halong~
And Pas di Desa Tabuan, akan terlihat belokan kiri dengan jembatan besi, belok kesini~
Ini dia Jembatan Besinya~
Noh, ini dia pemandangan Bukit Yang Beselimut Awan, keren~
Dari sini jalannya naik turun melewati hutan dan ahrus berhati2 ditikungan karena banyak truk yang melintas~
and nanti dikiri jalan ada Pasar Uren, lewati aja~
And pas kira2 20 Meter ada belokan ke kiri yg di depannya ada warung, nah belok sini ke Hampang (masih wilayah Desa Uren)~
Lurus aja melewati jembatan besinya~
Jalannya kecil, tapi mobil masih bisa melintas~
Ini jalan yang harus berhati2, karena licin~
And sampailah kita di tempat parkir~
Lanjut jalan kaki dan belok kanan~
Noh sudah ada tulisannya Air Terjun Tayak
Bayar retribusi masuk dulu yah~
And melewati hutan karet~
Terus aja ikuti jalan ke Air Terjun Tayak~
And sampailah kitaa~  Benar2 keren dahh>>>  Lu Wajib Kemari....
Eksis dulu, meski muka kusut abis digoyang2 Hujan dan kena cipratan dari mobil *yangAsal2an*
Banyak kok yang kesini, meski hari Sabtu>>>>
Noh, ini dia 4 orang Dari Batu Mandi, yang kaga sempet kenalan wkwkwk~
Seger banaaaaaarrrr~
Keren dah pokok'e
Eksis terus, meski banyak orang2 pada liatin wkwk~
Ini Sisi Kiri Tayak~
Untung bawa tongsis, jadi bisa foto berdua meski dipaksa2in di tanem di tanah itu tongkat wkwk
Dari sisi kanan Tayak
Kalo ini diatasnya, bisa loh di naikin dan batu2nya kaga licin buat berpijak~
Dsini juga di bangun bangku buat bersantay, kerenn~
Nohh, ayok ke Air Terjun / Riam Tayak Yang ada di Desa Uren Kec. Halong (Balangan)
And Selalu Jaga Keindahan ya vrohh, terutama dari sampah2nya~