Tuesday 26 April 2016

Gunung Keramaian dan Bukit Tamiyang, Pelaihari

Minggu, 24 April 2016, ane and temen ane si Andre awalnya pengen ke Pantai Tabanio but setelah dipikir kalo cuma ke Pantai doang mah kurang seru, so ane nyaranin ke Bukit yang udah dari dulu pengen kesono tapi kaga kesampean ampe detik ini, yakni Bukit Tamiyang di Desa Kandangan Baru Kec. Panyipatan Kab. Tanah Laut - Pelaihari. Kali ini ane cuma pergi berdua, cozne temen2 yang lain pada kaga bisa ikutan, and yang biasa nanyain "besok kemana", juga kaga ada, ya wes lah asal ada temennya yang kesono, apalagi temen ane juga oke2 aja meski cuma berdua and juga minim info mengenai bukit ini. Btw, menuju Bukit ini sih sangat2 gampang karena letaknya di pinggir jalan kayak Bukit Lebak Naga, hanya saja jalur untuk naik ke bukit ini yang lumayan pikir2 bentar, yang penting itu mah yakin kalo ini jalannya benar, entar sampai aja kok ke puncak bukitnya heheh~
■▪Gunung Keramaian■▪
■▪Bukit Tamiyang■▪

Perjalanan dimulai at jam setengah 12 (agak molor karena harus nemenin adek ke Kebun Binatang) dari Banjarmasin menuju Pelaihari. Pas melewati Wisata Gunung Kayangan, ane nyaranin merapat bentar ke Gunung Keramaian.
noh ini di Gerbang Gunung Keramaian, di kanan jalan....
lurus aja ikuti jalan utama and nanti di kirinya ada tulisan Site Gn. Keramaian, belok kesini, mudah saja ke puncak Gunung Keramaian~
cozne sudah beraspal sampe puncaknya~
yeah, finally sampai juga di pucaknya, lumayan liat sawah2 nan hijau di puncaknya~

eksis dlu, seadanya heheh~

and, lanjut kami menuju Kota Pelaihari melewati Bundaran Kijang
and pas nyampe Taman Kijang Kencana, belok kiri menuju arah Pantai Batakan / Bukit Lebak Naga
lurus aja melewati Desa Kampung Baru -> Desa Sungai Riam and nanti ketemu tulisan Selamat Datang Di Desa Kandangan Baru

Melewati SMPN 3 Panyipatan

and dikiri jalan terlihat Bukit2 Hijau Berbaris, ini dia Bukitnya... and sepertinya ada 3 jalur untuk sampai ke masing2 puncaknya, ada yang diatasnya terdapat menara pemancar, ada yang ditengah2 yang terlihat jalur setapak dari jalan raya batakan/panyipatan (bukit yang kami daki) and ada satu yang lebih tinggi dibanding puncak yang lain....

and tiba di salah satu langgar beratap biru, kalo kaga salah namanya Darul HSN~ (kurang jelas infonya heee~)

and diseberangnya terdapat warung, sambil membeli makan dan minuman kami bertanya jalur ke Bukit Tamiyang sama acil yang jaga (lupa nanya ngaran sidin), kata sidin bisa lewat hutan karet yang disebelah rumah sidin, and kami ijin numpang parkir motor and syukurlah sidin tidak keberatan, asal jangan sampai malam.

noh, ini dia rumah disamping rumah/warung acil tadi, dibelakangnya terdapat karet dan perkebunan warga sekitar~

sesuai perkataan sidin, ikuti saja jalan karetnya~

and nanti ada cabang jalan, jar sidin ambil kiwa (kiri)

melewati karet2 lagi~ rasane nanti ada belokan lag ke kirii, kami awalnya belok kesitu and ternyata ke aliran sungai, and balik lagi kejalan utama/setapak yang ada (karena yakin salah jalur).

And terus keatas memasuki perkebunan and hutan2, jalannya agak membingungkan, ada belokan kiri lagi  (itu juga bukan), jadi ikuti aja jalan yang agak besaran and seperti bekas dilewati orang and kuncinya hanya harus yakin kalo jalannya semakin menanjak keatas adalah jalan ke puncak.

and ternyata jalan yang kami ambil benar adanya, cozne terlihat rumput2 nan hijau di kejauhan~

hemm, lega pas nyampe sini, meski perjalanan menuju puncak masih jauh..

yang suka hammock-an kayaknya bisa dah disini heheh~

Semangat2 menuju puncakk~

Green is Beauty~

ohh iya, disini terlihat pemandangan Laut, sepertinya wilayah Pantai Takisung and terlihat juga Bukit2 di Desa Batilai~

and finally kami sampai pucak, dibelakang ane masih ada puncak yang lain, yang ada menara pemancarnya.. pengen kesono, tapi waktu sudah tidak mencukupi~

and senengnya disini anginnya segarr, masih minim sampah (artinya tidak mengatakan kalo dsini tidak ada sampahnya sama sekali/ and ada bekas makhluk2 yang ngecamp dipuncak sini)

noh ini dia puncak yang satunya lagi, terlihat kalo ini paling tinggi dibanding yang lain...

oke, eksis dlu with Andre pake tongsis and kamera seadanya~

yuk, kemarii~ mumpung masih hijau and jangan lupa bawa sampah2mu (bekas makan dan minuman) turun ya kawans2, and karena ini belum dijadikan wisata resmi, jadi masih GERATIS tidak dipungut biaya apapun2, kalo parkir mah sukarela aja (tergantung keikhlasan hati / cozne sidin kada memintai apapun~).....

noh, ini ilustrasi denah / peta menuju Gunung Keramaian dan Bukit Tamiyang, Pelaihari