Saturday 2 April 2016

Air Terjun Tinggiran Hayam

Air Tejun Tinggiran Hayam, Desa Kamawakan - Loksado With Imeh, Bayu, Anita, Rizal, Imam, Zaimy, Putra, Hafis, Aliansyah, and Teman Zaimy (lupa nanyaaa).... Minggu, 31 Januari 2016 : ane dan kawan2 berencana ke Air Terjun Tinggiran Hayam di Loksado, kebetulan temen ane si Edi punya kontak orang sana (Aliansyah - 082352172008), pas hubungin tuh orang, katanya oke aja buat ngeGuide kami kesana.. >>>

_+_Air Terjun Tinggiran Hayam_+_
Nah ini rutenya ane jelasin lagiii, dari Banjarmasin melewati Banjarbaru, Martapura, Rantau ikuti saja jalan utama / Jl. A. Yani and sampailah di Bundaran Ketupat Kandangan, ambil lurus jalan kota...

melewati pom bensin dan Gedung Juang Kota Kandangan

and pas lampu merah, ambil lurus....

melewati jembatan yang ada jamnya...
nah tibalah kitee di lampu merah, kalo kiri tembusnya ke Barabai/Tanjung, Lurus ke Loksado, Kanan Pasar. ada ja sih plangnya jadi jangan takut tersesat, so ambil lurus...
melewati perempatan, ambil lurus sajooo...
melewati perempatan lagii, ambil lurus lagi...
and tibalah di bundaran ketupat kedua, kalo ambil kiri ke Terminal / tembus Barabai, pilih kanan yang menuju Loksado
nah ini dia Bundaran Ketupatnya, pilih kanan yaa...

and ada perempatan lagi, ambil luruss...

and perempatan yang ada plangnya bertuliskan Loksado Kiri, Lurus banjarmasin, Kanan Kota kandangan. So, ambil kiri...
and sampailah kitee di Kecamatan Padang Batung, ikuti saja jalan utama...
 and sampailah kami di Kampus Perjuangan, ane sendiri kurang begitu tau detail temapt ini, yang jelas ini situs peninggalan jaman dahulu. Kami eksis bentar, sambil nungguin Zaimy and temennya yang tertinggal dibelakang + ngehubungi Aliansyah kalo kami udah di Padang Batung.
 Sepertinya masih berhubungan dengan Divisi ALRI, ahh lupa ngebaca tulisannya wkwkk

lanjut lagi dari rute jalannnn....
nah, pas di Desa Batu Bini akan bertemu Bukit Batu yang terlihat dari jalan, nanti ada SDN Batu Bini di kanan jalan, nah dibelakangnya itu ada Goa yang disebut2 Goa Singa / Goa Lukis..

lurus lagi dari jalan tadi, akan bertemu cabang jalan, kalo kiri ke Desa Madang, tempatnya Benteng Madang, kalo kanan menuju Loksado...
terus ikuti jalan utama and nanti bertemu pertigaan kekanan bertuliskan Batu Licin, nah ini kalo belok kanan, jalan menuju Bukit Langara sama Mandin Tangkaramin... ambil kiri / lurus yang menuju loksado...

sudah mulai memasuki loksadoooo~
and tibalah diretribusi pembayaran, kalo beruntung gratis, kalo kaga bayar 2500perorang hehehe

and sebenarnya disini juga posko pembayaran kalo pas hari raya kayaknya, tapi jarang sekali....

nah ini dia jembatan 2 belokan, kalo kiri menuju Air Panas Tanuhi dan Air Terjun Kilat Api. Kalo kanan menuju Riam Hanai, Air Terjun Haratai, Riam Barajang, Rampah Menjangan, Air Terjun Tinggiran Hayam, Rampah Jelatang,  Mandin Baangin, dan lain lainnyaa....

kurang tau juga apakah ini posko pembayaran, yang jelas ane kaga pernah nemuin bayar2 disini hehehe, mungkin semacam selamat datang di kawasan wisata loksado...

and tibalah di cabang jalan, bisa pilih kiri menuju Haratai, atau bisa juga pilih kanan nanti ada jembatan gantung pertama belok kiri menuju Haratai dan ambil lurus menuju Rampah Menjangan dan lain2nya.... (lupa moto jalannya #entarYaaa)
and setelah ambil lurus / tidak belok kiri ke jembatan gantung pertama.....

and tibalah di jembatan gantung kedua bertuliskan Kamawakan, kalo belok kiri melewati jembatan ini, terus pilih kiri lagi menuju Desa Lok Lahung,kalo lurus ke Desa Kamawakan.
Pilih LURUS menuju Desa Kamawakan
and tiba disini, jalannya sdah mulai di semen oleh warga sekitar, tapi tetap aja lumayan ngeri bagi ane yang kurang suka jalan naik turun wkwkk~
tetap ikuti jalann....
and ada cabang jalan (belakn ke kiri), tetap pilih jalan utama yang agak besar~
and terakhir jembatan di Desa Kamawakan~anggap start point untuk memilih Jalan kaki atau nekan naik motor ke jalan yang superr2 mantaaf~
karena kami sudah terlalu sore, finally naik motor and 100% berhati2~
cuma beberapa Km kata itu plang, pas dijalani eh malah hampir 1 jam baru nyampe hahaha~
naik, turun, berliku dan samping jurang, sama persis kayak ke Haratai~
and tibalah di cabang jalan lagi, kalo kiri buat yang mau masuk hutan pake motor, kanan tempat parkir motor trus lanjut jalan kaki~
and kami lebih milih jalan kaki ajaaa~
and gak kebayang kalo ada yang naik motor, widih jalanx sempitt hehe~
kalo ketemu yang kaya gini, ini masih belum nyampee, masih separo jalan kaki lagi wkkwk~
ini diaaa, belok kiri buat turun ke bawah aliran Sungai / Air Terjun
ini air terjun yang di bawahnya, meski keliatan kecil tapi airnya dalam lhooooo~
lanjut naik keatas,,,,,
harus ekstra hati2, karena jalanx masih hutan2~
berpegangan pada bammbuu, biar tidak jatuhhh~
lumayan mengurass energi ke Air Terjun Tinggiran Hayam, tapi liat yang beginian langsung semangat lagi hehehe~
ohh iyaaa, ane bersyukur banget masiih hidup, hampir aja kelelep gara2 megangin si semvvvakk Sofiatunnn, ane pikir dia bisa renang, sok2an tuh anak pengen ke tengah, eh malah dimasukin ke air kepala ane wkwk~ langsung minta bantuan temen2, tapi pada melongo semua, sikira bercandaaa~ hadeeeehhh...  and sontak si Azhari nyelamatin pacarnya si sofiatun hahaha~

Ilustrasi Peta / Denah menuju Obyek Wisata Loksado Edisi Air Terjun Tinggiran Hayam

_+_+_Met Bejalan2 Kawan2s_+_+_

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...