Wednesday 14 October 2015

Bukit Rindang di Desa Nateh Kec. Batang Alai Timur - Yok #ExploreBarabai

Flashback ke weekend yg lalu, tepatnya tanggal 3-4 Okt 2015 kami (aku dan temanku wahyu) melakukan perjalanan ke Bendungan Sakutang Indah di Desa Batu Tangga Kec. Batang Alai Timur,kemudian ke Bukit Rindang / Kukup / Penyulingan yang ada di Desa Nateh, Kec. Batang Alai Timur <Hulu Sungai Tengah> dan Minggunya ke Rumah Batu/Belanda di desa Muara Ninian Kec. Juai, Benteng Tundakan di Desa Tundakan Kec. Awayan, selanjutnya ke Goa Sumsum di Desa Sumsum Kec. Tebing Tinggi <Balangan>. Trip ini berawal dari membaca salah satu postingan di grup fb South Borneo Travellers, and aq berencana ikutan trip ExploreBalangan yg diselenggarakan pada hari Minggu : 4 okt 2015, so sekalian aja hari Sabtunya ke Bukit Batu Kincir yang ada di desa Nateh dan Goa Sawar di desa Salak. Jam 10pagi, setelah menjemput wahyu, kami berangkat dari Sungai Tabuk menuju Barabai, karena hari Sabtu jalanan lenggang vroh dan lebih leluasa memacu motor and sekitar jam 1siang kami sampai di tempat keluarga ku di Desa Pengambau, dekat perbatasan Kandangan - Barabai. Setelah minum2, mengurangi bawaan dan tanya2 jalan kesana (kebetulan sepupu ku pernah kesana), kami melanjutkan perjalanan kembali menuju Desa Nateh. Sangat mudah menuju sana, karena mengikuti jalur utama, bisa ikuti plang yang bertuliskan Tanjung / Barabai, keduanya sama2 menuju Birayang, nah nanti pas di simpang empat Pasar Birayang, ada plang belok ke kanan bertuliskan "Desa Batu Tangga", belok / masuk sini....

Bukit / Gunung Balu View dari Puncak Bukit Rindang, Desa Nateh Kec. Batang Alai Timur
Hulu Sungai Tengah - Barabai

Perjalanan dari Barabai ke Desa Nateh paling cepat sekitar 1 jam, disana (Desa Batu Tangga) terdapat sebuah Bendungan yang bernama Sakutang Indah, disana sering digunakan warga untuk tempat bersantai atau mencari ikan.
"Eksis dulu di bendungan sakutang indah, entah kenapa dinamakan itu, yang jelas disini tidak terdapat si kutang indah ahahahha"
and kamipun lanjut kembali, nanti akan terlihat di kiri2 jalan bukit2 kars yang banyak memiliki rongga / mungkin juga mulut goa, and nanti ada jalan belokan ke kiri, nah belok ke sini untuk menuju Desa Nateh / Desa Salak. Kata temanku kalo lurus menuju Air Terjun Tumaung dan Gunung Halau2.
Dari sini kita akan melewati 2 buah jembatan dengan kondisi yang rusak, so harus berhati-hati melewatinya, tapi pemandangan bukit2 karst dan sungai2 yang memiliki batu2 yang unik, sangat memanjakan mata, hanya saja sebagian digunakan sebagai pertambangan, so aku kaga berani naik ke bukit2 disini, takutnya ganggu and dimarahin orang. and setelahnya akan ada simpangan / belokan  ke kiri bertuliskan Wisata Rindang Indah / Kukup, nah masuk sini. Kebetulan wisata disini dekat rumah pamanku, jadi pas tanya2 jalan ke Goa Sawar / Bukit Batu Kincir, katanya lurus aja, jangan belok kesini, and karena sudah terlanjur masuk sini, kami membatalkan rencana ke Goa Sawar / Bukit Batu Kincir dan memilih ke Wisata Rindang Indah / Kukup .

and setelah melepas penat and makan/minum2 sebentar<lumayan gratis>, kami melanjutkan perjalanan kembali ke Bukit Rindang / Kukup / Penyulingan
awalnya kami bingung dengan pintu masuk / jalan tanjakannya, dan malah mengira kalo ini goanya, apalagi terlihat banyak monyet bergelantungan disana, eh pas udah capek2 nanjak kesana, ternyata cuma rongga dan bukan goa -__-
gak apa2 lah, kita eksis dulu hahaha.. sayang banget monyetnya pada ngejauh pas kami kesini, padahal udah aku tawarin botol minuman, tapi kayaknya gak minat hahahaa
and pas kami kesana ada makhluk2 motor yang kesini juga, so kami ngikutin tuh orang and terlihat motor mereka parkir disalah satu mulut goa,cuma orangnya pada kaga ada, kami pikir mereka masuk ke dalam goa and kamipun mencoba memasukinya, meski harus merangkak karena begitu kecil, but ternyata goa ini kosong kaga ada orangnya + jalannya buntu.

aishh, kita eksis dulu lah, hahahaha.........

Setelah kami yakin <dan sangat yakin> kalo ini goa benar2 buntu, kami keluar dari mulut goa and kebetulan disana ada yang mojok (kemungkinan orang sana), pas ditanya dimana mulut goanya, eh maaf kami kga tau jua katanya, waduhh -___-
and pas melakukan tawaf kecil, baru ketemu jalannya, ternyata jalan nanjaknya disamping mulut goa diparkiran tadi, waduh kami salah fokus, mungkin karena belum minum aqua hahaa
nah ini baru bener goanya, and benar2 keren stalaktit dan stalagmit. Bentuk2 yang kaya lilin2 meleleh ini benar2 pas buat bereksis ria, dsini juga terdapat kelelawar, hanya saja tidak ramah, begitu melihat cahaya langsung kabur gak balik2 dan disini besar2 kelelawarnya, so sempat terasa sentuhan tabrakannya hahaha.

karena udah terlalu sore, kami rasa cukup bereksis ria dan tidak melakukan susur goa, soalnya melanjutkan kembali ke puncak bukit ini, and dari sini terlihat bukit2 batu yang ada disekuitarnya, juga pegunungan meratus, wah benar2 keren...

keren sih, hanya saja semakin lama kabutnya semakin tebal, jadi mengurangi pemandangan bukitnya, but it's no problem, we are still eksis on camera ahahaa

ok, just it yang bisa aku share, and jangan lupa selalu jaga kebersihan tempat wisata kita yah vrohh vrohh ☺☺☺