Thursday 2 June 2016

Belalah Ke Air Terjun di 3 Kabupaten in 1 Day

Sabtu, 28 Mei 2016 -  Sekitaran jam 08-Pagi, kali ini ane go out menyendiri dari Banjarmasin (coz-ne kawan2 pada ngetrip ke Mandin Mangapan dan ane kaga bisa ikutan), yap ini perjalanan "Batal ke Mandin Mangapan" wkwkwk~ And sukurlah kesendirian ini berakhir di Martapura, disini ane bertemu dengan temen yang "katanya" mau ikutan juga, yakni si Oyiem dan Ibay. And Lanjut melintasi Martapura hingga berakhir di gurun sahara Rantau sekitaran jam 10 lewat and bertemu Ketua Jamaah Lelaki Penjalan yakni si Dilah wkwk~ Sesuai dengan rencana jauh2 hari, kami akan ke 4 Air terjun di 3 Kabupaten yakni Air Terjun Lanjung Bapayung, Air Terjun Bagandah (Kab. Tapin), Air Terjun di Munggu Lahung (Kab. Banjar) dan Mandin Tangkaramin (Kab. HSS), bisakah? Oooo tentu bisa, karena tempat yang kami tuju ini merupakan daerah perbatasan hehehe~ So, yang suka main2 air, mending ke sini dah, apalagi masih GERATIS, belum ada pungutan2 apapun, nohh ayokk dah kesini. Untuk Rutenya, scroll aja ke bawah-ya~ Selain itu, kita juga akan melewati wisata Goa Baramban (Desa Baramban), Bukit Manggindang (Desa Batu Ampar) dan Air Terjun Sungai Lucuk (Desa Pipitak jaya), noh kalo belum pernah kesana, sekalian aja dah mampir but jangan lupa ingat di waktu ckckck~
Nah sekarang rutenya, dari Banjarmasin melewati Banjarbaru - Martapura - Astambul - Sungai raya - Simpang Empat / Pengaron - Desa Sungkai  - Tungkap - Binuang - Pulau Pinang - Tatakan ( Makam Datu Sanggul ) - Tambarangan dan sampai di Simpang Tirik (liat gambar dibawah ini)...
 Dari Taman Tirik lurus hingga berjumpa bundaran dan belok kanan Ke Kecamatan Piani (Arah dalam kota Rantau). Kalau ambil lurus maka akan ke kota Rantau. PILIH KANAN>>
 Lurus mengikuti jalan utama hingga beberapa Km jauhnya akan bertemu dengan Terminal
Belok KANAN ya all~
...ini jalan masuk ke Desa Bitahan Baru / Desa Baramban...
 Lurus aja mengikuti arus, nanti ada cabang jalan, pilih yang belok ke kanan bertuliskan Piani. Kalo lurus ke Lokpaikat. PILIH KANAN>>>
Melewati Desa Bitahan Baru, and pas ada belokan pilih kanan.
Lurus aja melewati jalur tambang~
Terus ikuti jalan utama, and nanti bertemu jalur tambang lagi, lewati aja vrohh~
Kiri-kanan yang penuh galian tambang, miris dan maras wkwkwk~
 Tambang oh tambang~
 Lurus aja ikuti jalan utama....
 Hingga nanti menemui " Hutan Penelitian " itu berarti sudah dekat dengan Desa Baramban
 Melewati bukit2 hijau nan cantik.. Still Lurus..
 Nanti akan ada plang di kiri jalan bertuliskan " Selamat Datang di Objek Wisata Goa Beramban "
belok kanan kalo pengen kesini, but karena ini bukan tujuan kita, AMBIL LURUS~
--------------------------------
Noh, sedikit penampakan tentang Goa Beramban (Foto Taken 08 Maret 2015)
 Goa Macan (Atas)
 Goa Liang Air (Bawah)
--------------------------------
 And forget it, kita kembali ke jalur rute" (Artinya KAGA' BELOK ke Goa Baramban)
lurus hingga bertemu jalur tambang~

And sebrangi aja nih still lurus~ but harus hati2 yah nyebrangnya~
And pas cabang jalan (Selamat Datang Di Desa Miawa), pilih kiri ke Desa Batu Ampar / jangan belok kanan yah~
And sampailah di Desa Batu Ampar, belok kanan kalo ke Gunung / Bukit Menggindang,
BUT PILIH LURUS, KARENA INI BUKAN TUJUAN KITA~
--------------------------------
 Noh, penampakan Bukit Menggindang di Desa Batu Ampar (Foto Taken 08 Mei 2016)
And forget it, kembali ke jalan awal (Artinya kaga belok ke Bukit Menggindang)
lurus hingga melewati Jembatan~
And sampailah kita di Desa Pipitak Jaya
Disini jalannya lumayan kaga full aspal, so berhati2 (still lurus)

And terus ikuti jalan utama hingga nyampe di Batas RT. 04,ini deket sama Air Terjun Sungai Lucuk
Kalo mau kesini, sekitar 50/100 meter dari batas Rt 04, akan ada warung di kanan jalan, belok kesini (sisanya liat postingan sebelumnya)
TETAP PILIH LURUS, karena ini bukan tujuan kita~
--------------------------------
Noh ini penampakan Air Terjun Sungai Lucuk / Batumpang Dua Di Desa Pipitak Jaya (Foto Taken 08 Mei 2016)
And Now Rute Yang Sebenarnya ke Air Terjun Lanjang Bapayung, Air Terjun Bagandah, Air Terjun di Munggu Lahung dan Mandin Tangkaramin
~
Dari Desa Pipitak Jaya, tetap ambil lurus (ikuti jalan utama) hingga ke Desa Harakit
 Berbeda dengan sebelumnya, jalan disini full aspal.
Pas di Desa Harakit setelah melewati rumah2 warga (rumah terakhir), akan ada belokan ke kanan berupa tanah habang (merah), disini jalannya menanjak, jadi sangat harus berhati2~
and ane kaga nyaranin menggunakan motor (apalagi matic), lebih baik jalan kaki dah, titipin tuh motor di rumah warga sekitar and lanjut jalan kaki (yah lumayan kayaknya 45menitan atau lebih wkwk), tapi kalo nekat seperti kita orang, ya wes lanjut~
 Dari sini jalannya mulai menanjak~
 Noh ini dia tanjakannya, dilihat sih biasa, kalo djalani ya lumayan harus ekstra hati2 terlebih saat hujan turun~ takutnya pas pulangnya nyungsep hehehe~
 Akan melewati 3 rumah (yang sepertinya ditinggalkan), noh bisa parkir motor disini~
 And diseberangnya akan ada jalan kecil, disini sudah terdengar gemuruh air terjun, ikuti saja bunyi gemuruhnya hehe~
 Melewati Hutan Bambu and~
 Sampailah kite di Air Terjun Lanjung Bapayung
 And waktunya eksis bareng, hehehe
Itu yang di pojok kanan ane, trus Ibay, Dilah and Oyiem~
 Setelah puas, kita orang lanjut lagi~
 And sampailah kita di pertigaan Desa Batung~
Kalo ke Kiri Ke Desa Malinau (Loksado / Kandangan), nah itu ke Mandin Tangkaramin
Kita Pilih Kanan Ke Desa Belawaian (Air Terjun Bagandah) dan Ke Desa Paramasan Bawah (Air Terjun di Munggu Lahung)
Oh, iyaa~ Di Desa Batung konon katanya juga ada Air Terjun, yakni Riam Bumbu Yanin but kita orang masih belum tahu itu jalannya, "PeeR ini Pe-Er" wkwkwk~
 Setelah melewati Desa Batung, kita akan sampai di Desa Belawaian, and di kiri Jalan Trans Kandangan (Loksado) -Batulicin ini akan terdapat Air Terjun yang disebut2 Air Terjun Bagandah~
 Seandainya ini Air Terjun posisinya jatuh semua kaga nabrak batu2 (Kayak Rempah menjangan), pasti jadi tinggi sekali hehe~
 Foto2 dulu~ Dilah - Oyiem - Ane and Ibay~
 Gak puas cuma dibawah, kita orang naik ke atas~
disini super keren dahh~
 Noh, terlihat jalan raya di hadapan kami, jadi bisa terus memantau itu motor2 wkwkwk~
 And kita lanjut ke atas lagi, sayangnya disini hujaaaan~
Alhasil kamera kemasukan air pas ngeTake, jadi kaga jelas wkwwk~
 Segarnyaaaaa~
 And karena hujan sudah menipis, udah terlalu lama juga berada disni+ ini badan sudah kedinginan, kita lanjut lagi ke Desa Paramasan Bawah~
Desa Paramasan Bawah meski berada di sekitaran Loksado dan Rantau, tapi secara administratif masuk Kabupaten Banjar~
noh ini dia Tugu Perbatasan Kabupaten Banjar dan Kabupaten Tapin~
 Sama seperti Air Terjun Bagandah, tidak susah mencari Air Terjunnya karena berada di pinggir jalan pas melewati Dusun Munggu Lahung~
 Awalnya sih agak khawatir kaga ketemu ama Air Terjunnya, coznya pas mampir di Warung sekitaran Munggu Ringgit dan tanya2 informasi, katanya kurang tau Air Terjun di Munggu Lahung~
Yah kami coba2 percaya info dari temen ane yang pernah kesono (Edi Yasmi), eh ternyata emang ada wkwk takutnya dibohongon ama tuh anak wkwk~  pas berada di jembatan, and toleh kearah kiri jalan/jembatan terlihat Air Terjunnya....
Lumayan buat nyegerin badan wkwk~
And awalnya kami batal ke Mandin Tangkaramin coznya waktu menunjukan jam 5sore~
and karena males "Gelap2an di Pedalaman Rantau" kami pulangnya lewat Jalan Desa Malinau / Loksado
So, kami Ambil lurus waktu di Pertigaan Desa Batung~
And  rasanya ada tugu perbatasan Kabupaten Tapin dan HSS, but karena kamera habis baterai and pikiran udah mau pulang, jadi kaga moto2~

And konyolnya pas melewati Plang Bertuliskan Mandin Tangkaramin di kiri jalan (Dari arah kami) ane malah berhenti (padahal sdah jam 6 Sore), and tanya2 ketemen dulu, mau kesono apa kagak~
Setelah melewati perdebatan yang hampir berujung saling bunuh, akhirnya ketua jamaah lelaki penjalan yakni si Dilah memutuskan balik kanan, meski udah mau Maghrib wkwk~ #nekat
ok, belok kesini yooo~
Sukurnya ane dulu pernah kesana (udah punya foto2 rutenya juga), jadi udah hapal and kaga perlu tanya2 warga sekitar~
jalannya lumayan kecil,jadi harus hati2 tapi udah full semen dan sebaiknya membunyikan klapson djalan yang agak tertutup, khawatir ada motor lain dari arah berlawanan....
Melewati 4 anak sungai, ini yang pertama....
Ini anak sungai kedua,,,
Ini yang ketiga~
And yang ke-4,,, fiuhh lumayann membuang energi, khawatir motor kaga seimbang and byur wkwk~
And ini yang terakhir, melewati jembatan kayu kecil and nanti dikanan jalan terdengar suara arus air deras / gemuruh air terjun, itu dia air terjunnya, parkir motornya jangan ditengah jalan ya heheh~
And karena sudah jam 6sore lewat / hampir Maghrib, alhasil udah susasana hampir gellllaaaap~
but syukurlah masih bisa bereksis ria hehehee~
And, just it our story~ cobain sendiri dah kemari karena banyak pilihan yang dituju~
and jangan lupa selalu jaga kebersihan yooo~