Monday 9 October 2017

Kolam Renang Tambela Sari dan Tebing Tiwingan

Siang semua, kali ini ane si amang http://zainalhakimmsc.blogspot.co.id/ mau ngeshare mengenai Kolam Renang Tambela Sari dan Tebing Tiwingan. Kolam Renang Tambela Sari (Kolam Renang PLN), konon katanya dulu dipakai buat rekreasi karyawan PLN / pusat rekreasi milik PLN, namun sekarang keadaannya udah gak keurus. Ane sendiri kurang begitu tau tempat ini, apakah mess / bangunan Pln ini masih dihuni atau apa, yang jelas disini tempat favorit anak2 disekitar Desa Aranio atau dulunya Desa Tambela Sari untuk bermain bola. Kolam Renang ini merupakan sebuah tempat wisata yang cukup lengkap, karena terdiri dari Taman, Lapangan Bola, Penginapan, Ruang Pertemuan dan Kolam Renang, hanya saja tidak difungsikan secara maksimal. Padahal Kolam Renang yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri, karena hawanya yang sejuk dan view Bukit Tirai Hujan dan Bukit Patra Bulu sejauh mata memandang, bukankah layak untuk dijadikan salah satu destinasi wisata favorit? Semoga saja kedepannya Kolam Renang Tambela Sari / Kolam Renang PLN ini lebih baik kedepannya, sehingga menjadi salahsatu destinasi wisata di Kabupaten Banjar.

Tebing Tiwingan - Desa Tiwingan Lama, Kecamatan Aranio. Salah satu spot favorit untuk ngeCamp / Foto2, karena pemandangannya yang sangat cantik yakni Bendungan Riam Kanan, Bukit Matan Kaladan dan Bukit Atawang dapat kita nikmati dari atas sini. Disebut Tebing Tiwingan karena merupakan tempat untuk berlatih Panjat Tebing, namun sekarang ada yang menyebutnya Bukit Tiwingan, alasannya mungkin karena tempat ini memang berbentuk bukit dengan waktu pendakian sekitar 10-15 menit, cukup mudah kan? Namun tetap ekstra hati2 karena masih berupa tanah dengan jalan yang berliku2 saat mendaki ke tempat yang satu ini.

Nah sekarang rute menuju Kolam Renang Tambela Sari (Desa Aranio) dan Tebing Tiwingan (Desa Tiwingan Lama), Kecamatan Aranio.
Pertama2- ke Bundaran yang ada di Banjarbaru, kalo dari Banjarmasin pilih lurus (menuju Riam Kanan), kalo kiri ke Martapura dan kanan ke Cempaka / Pelaihari
Lurus aja melewati jalan utama, nah nanti ada 2 simpangan jalan, kalo kiri ke BIIH, pilih yang kanan menuju Riam Kanan
Nah nanti ada simpangan ke kanan yang ada gapura bertuliskan 'Tahura Sultan Adam", jangan belok ke sini, ini menuju wisata Tahura Mandiangin, tetap ikuti jalan utama yah (menuju waduk Riam Kanan)
And nanti melewati Bukit Patra Bulu, sekitar 15 meteran ada Pagar Panjang yang ada Lapangan Bolanya di kanan jalan, terus ijin sama satpam bilang mau Ke Kolam Renang.

Nah ini dia~

Terus dari tempat tadi kalo mau ke Tebing Tiwingan
Lurus melewati wisata Sungai Kembang, dari sini sekitar 5km lagi menuju Riam Kanan
Nah klo ketemu ama bundaran mungil ini, berarti sudah mendekati dermaga riam kanan, still lurus ☺☺☺
And finally sebelum turun ke bawah / dermaga riam kanan kan ada pungutan (pos retribusi masuk) 2ribu, stop disitu, parkir motor dan tanya jalan ke Tebing Tiwingan.
Kalo malu bertanya, sebelum pos retribusi tadi, balik badan mu and jalan kaki sekitar 10/20 meter, ada jalan kayak gini (dikiri / seberang pagar pembatas).
Jalannya tanah biasa dan berpola ZigZag, paling sekitar 10-15 menit pas sampe atas, belok ke kanan (arah jalan), jangan belok kiri dan ke puncaknya yah, disono masih pohon2 lembat, viewnya tertutup pohon~
Gak begitu besar sih seperti di Matang Kaladan but bisa bereksis ria dengan view riam kanan. Dari sini keliatan orang2 yang sedang nanjak ke Matang Kaladan~