Tuesday 28 March 2017

Wisata Paman Birin dan Bukit Sutet a.ka Bukit Lentera

Siang Semuaa~ 😊😊😊 Kali ini ane mau nge-Share wisata baru yang masih tahap work in progress and yang mulai ngehits, yakni Wisata Paman Birin dan Bukit Sutet a.ka Bukit Lentera di Banjarbaru. Wisata Paman Birin atau Wisata Villa Paman Birin merupakan wisata milik orang nomor satu di Kalimantan Selatan, Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin.  Ada sedikit cerita lucu dan memalukan yang ane alami disini, yakni pas ane kebingungan sama lokasinya, ane bertanya ke setiap orang yang ane temui pas di Desa Kiram. Dan saat itu sudah sulit untuk mencari "Sasaran Bertanya" dengan kondisi sangat bingung, apakah salah jalan atau memang lumayan jauh menuju lokasi, alhasil ketika ada sekelompok orang yang sedang duduk2 di sebuah Saung, ane pun bertanya layaknya wartawan "Paman, umpat betakun dimana lah Wisata Paman Birin ?" Oh, Lurus lagi kesana (sambil meng-arahkan pakai tangan). Trus ane tanya lagi, Jauh lah masih? Lumayan lah. Oh, Inggih Makasih lah Paman - pamitan sama orang2 di sana.
And alhasil ane sampai di tujuan, foto2 and berniat mau pulang, karena kondisi gerimis, ane niatan duduk2 bentar sambil ngobrol2 sama temen ane si Kiki. Ki, tuh kah Paman Birinnya (karena Ane Jujur tidak mengenali wajah Beliau/ Gubernur, bahkan sama yang lain di Pemerintahan), "bukan" katanya, aku tau aja sama Beliau, sering liat kok katanya (kesah tahu anuay hahaha 😂😂😂).
And, tiba2 salah satu dari rombongan mendekati kami dan bertanya, "Dari mana nih Ding?" Dari Banjarmasin Ka,, tau lah orang yang kam takuni tadi tuh Paman Birinnya, sidin sengaja menyuruh kami bediaman aja (mengisyaratkan pakai tangan), kalo ada yang gak mengenali Beliau, Kaka itu menjelaskan. Sontak kami kaget, tertawa sambil malu kalo mengingat2 kejadian "Bertanya sama Orangnya Langsung". Sumpah, ane emang kurang mengetahui wajah2 yang berdiri di Pemerintahan,,, Maafin Ane ya Pak, Ane bener2 kurang pengetahuan sama hal2 di Bidang Pemerintahan 😅😅😅 Tapi kan Ane emang dari awal kurang tau sama sosok Bapak, lah temen ane yang katanya tau, dia juga gak ngenalin, parah bener tuh anak hahaha~ Alasannya sih ya karena Beliau tidak pakai Baju Dinas, trus dijawab Kakanya, Beliau emang gak makai Baju Dinas kalo kesini ding, Beliau sering kesini buat ngontrol and membolehkan siapa aja buat mampir kesini, gak ngelarang nuat foto2. Di mata ane sih ya, Beliau sosok yang Sederhana (gak memakai pakaian dinas kemana2), Gak minta Di-Hormatin/ Di-Puja2 (Dengan bilang2 siapa Beliau sebenarnya, pas ada orang yang gak ngenalin seperti ane). Intinya Ane sama Temen Ane Minta Maaf ya Pak, karena tidak mengenali Bapak dengan Baik, Maafkan 😓😅
Btw, main2 lah kesini, meski baru 30% sih rampung (alias masih work in progress), tapi udah wow nih tempat, apalagi kalo udah 100%. Untuk Rute Jalannya, tinggal skroll kebawah, and jangan lupa selalu jaga kebersihan-nya kawan 😚😘😊
[[Atas]] - Camp Area "Wisata Paman Birin"
Bukit Sutet / Bukit Lentera [[Malam]]
Apa aja sih yang ada di Wisata Paman Birin? nah ini diaa,,,,
Nantinya bakalan ada 2 kolam yang bisa dipakai buat nyemplung. And Sekarang sih baru 1 yang selesai and sebenarnya airnya sih bersih but karena ada bekas galian jalan and akibat hujan, jadinya airnya tercemar dan terlihat keruh....
Nah kan bersih airnya, setelah disaring keliatan kan jernih hehe~
Ini jalan setapak menuju Arena Flying Fox, disini ada tempat dudukan ala cafe outdoornya juga loh...
Sebenarnya pengen foto2 disana, tapi ada orang yang asik makan2 bareng keluarga, alhasil ane foto2 diisni aja, hijaauuunya itu loohh~ 😍😍😍
Nah, ini Wahana Outbond "Flying Fox", baru 1 sih, katanya masih ada 1 lagi yang bakal di bangun lohh~
Naik2 ke atas ada Camping Areanya juga lohh, disini terdapat 2 lampu panel surya-nya juga buat penerangan. Kalo pas Sunsetnya bagus (alias gak musim hujan), kayaknya keren kalo liat dari atas sini...
Noh, keren kan di camp area ini dikelilingi perbukitan yang hijau~
Nah, salah satu bukit yang bakalan ada Flying Foxnya juga, terlihat ada Saung /  Tempat Duduk Santay di Puncak Bukitnya. Sayang kami gak sempat kesana, karena ini kaki udah mulai lelah, letih, lesu, lemah ahhaahaha~
oh iya, kemaren ane pikir arah foto ini  pemandangan di Gunung / Bukit Mawar Desa Kiram, coznya terlihat mirip. Ternyata bukan broo,  Gunung / Bukit Mawar Desa Kiram arahnya menuju Gunung Pamaton terus belok kanan and udah ada plangnya kata temen ane yang udah kesana..hehe "Maafken salah info"~
Noh, ini dia tempat parkirnya "tempat ane mendapat penjelasan yang bikin malu and ketawa mengingatnya" dan disana terdapat kolam2 dan pondokan2 kecil untuk bernaung, pasti jadi taman yang keren dah. Sebenarnya pengen foto2 disana, tapi kebetulan ada Paman Birin beserta Rombongan disekitar situ, ane jadi malu2 kucing buat foto2 disana, hahah~ Maafkan ane dan temen ane ya pak 😀😁😂
And setelah dirasa cukup, sekitar jam 4an sore kami lanjut menuju Bukit Sutet atau Bukit Lentera Banjarbaru~
Sayangnya, tempat duduk di pohon yang biasa dipake buat foto2, udah dihancurin, entahlah ane kurang tau juga kenapa 😢 but, we must eksis dlu lahh 😊😋
Ditempat ini juga bagus buat nikmatin sunset, and kebetulan ketemu ama kenalan di Ig, yah sekalian dah foto2 bareng. Sayangnya kamera ane kurang mendukung, alhasil jadi gak jelas hahah 😜😝
Follow ig kita juga yah :
@razma_razma
@zainalhakimmsc.blog
@kyky.rs
@syirhannazahir
Nah, karena kamera ane kurang memadai, jadi begini aja dah hasilnya ahahaha~
Nah sekarang rute untuk menuju Wisata Paman Birin dan Bukit Sutet a.ka Bukit Lentera
Pertama2 menuju Bundaran Banjarbaru, ambil kanan ke arah Cempaka~

Nanti, akan ketemu Gardu PLN~
Nah, Ini nih Gardu PLNnya, diseberangnya ada Gang / Jalan~
Nah, ini dia Gangnya, Masuk Sini~ disampingnya ada Tambal Ban~
Dari sini lurus aja ikuti jalan ala kadarnya, alias ada jalan yang masih tanah and nanti pasti ketemu sama Menara Sutetnya~
Nah, kembali ke awal (Gardu PLN),untuk menuju Wisata Paman Birin tetap lurus aja~
Sampai bertemu Pendulangan Intan Desa Sungai Tiung, Belok Kiri~
Lurus aja, sampai ada persimpanagan yang ada pasarnya (biasanya Sabtu Sore),
Kalo Kanan ke Rumah Pohon Banjarbaru~
Ambil Lurus menuju Wisata Paman Birin, melewati Danau Biru Cempaka di kiri jalan~

Sampai jalan aspalnya habis (agak rusak), dan bertemu persimpangan di Desa Kiram.
Kalo kiri ke Mandi Angin~
Kanan ke Wisata Paman Birin~
Nah, ada persimpangan lagi, kalo kiri ke Gunung Pamaton~
Ambil Lurus, ke Wisata Paman Birin~
Ikuti jalan, hingga nanti ada di kiri jalan (Yang sudah beraspal), belok kesini~
Nah, ini dia belok Kiri vrooh and sampaaii....
Untuk jelasnya bisa lihat denah / peta yang ane buat, menuju Wisata Paman Birin dan Bukit Sutet a.ka Bukit Lentera