Friday 18 December 2015

Sirkuit Balipat dan Goa Batu Hapu Part III

Sirkuit Internasional Balipat adalah sebuah sirkuit balap yang terletak di kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Indonesia. Sirkuit ini sering digunakan untuk menyelenggarakan balap motor tingkat nasional dan internasional. Sirkuit ini dibangun pada tahun 2006 dan didanai oleh Drs. Zaini Mahdi, seorang pengusaha batu bara daerah Binuang, yang pada awalnya keberadaan sirkuit ini didedikasikan untuk anaknya dalam rangka ulang tahunnya. Sirkuit ini awalnya hanya untuk latihan-latihan biasa, tapi setelah selalu di lakukan renovasi terus-menerus, tak disangka sirkuit ini malah menjadi sirkuit bertaraf nasional. Dari kualitasnya, Sirkuit Balipat ini menjadi sirkuit terbaik no.2 Se-Indonesia setelah Sirkuit Sentul.
Goa Batu Hapu adalah objek wisata yang terletak di dekat pasar Binuang tepatnya di desa Batu Hapu, kecamatan Hatungun, Tapin yang bisa ditempuh 43 Km dari Kota Rantau dan 154 km dari Kota Banjarmasin. Goa Batu Hapu dari pasar Binuang masuk sejauh 16 km dengan jalan yang sudah cukup baik, ditempuh dengan jalan santai sambil menikmati pemandangan kehidupan pedesaan dan nuansa alam pegunungan selama 30 menit. Goa Batu Hapu merupakan goa yang mempunyai panorama luar biasa yang mempunyai stalagnit dan stalagmit menghiasi dalam goa yang dapat menggugah kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dalam ciptaan-Nya sebagai pelajaran pengetahuan alam, goa ini telah mendapatkan sentuhan perbaikan dan penataan Pemerintah Daerah sehubungan kerusakan yang diakibatkan keserakahan oknum manusia yang hanya mengejar keuntungan ekonomi sesaat tanpa mensyukuri nikmat lainnya yang disediakan oleh alam.Menurut legenda yang sampai sekarang menjadi mitos masyarakat setempat tentang asal usul terjadinya Goa Batu Hapu ini adalah Raden Penganten yang dikutuk oleh ibunya, Diang Ingsun menjadi batu dan di antara pecahan kapalnya menjadi gunung dan goa yang ada sekarang ini. Sumber Informasi : http://id.wikipedia.org/wiki/Gua_Batu_Hapu dan http://id.wikipedia.org/wiki/Sirkuit_Balipat

And seperti itulah informasi mengenai tempat yang ane kunjungi and now ane mau cerita dikit ya, kaga banyak kok paling 5hari 5malam selesai baca ini kisah hahaha... Minggu 22 November 2015, ane akhirnya punya kesempatan ke Sirkuit Balipat liat kejuaraan balap motor nasional (udah dari 2013 pengen liat, tapi kaga kesampean). Awalnya cuma berdua sama temen ane (Aan) and entar pas disana ngabarin temen lama (Ka Rusyda) biar masuknya gratis (aduh makhluk gratisan)... And kebetulan juga temen ane (Anita) pengen ke Goa Batu Hapu, ya udah sekalian lah kesana trus ngajakin yang lain, and finally kami ber-6 kesana (Ane, Aan, Anita, Bayu, Wahyu and Naufal). And ternyata sepanjang jalan penuh dengan para bikers yang menuju ke Sirkuit Balipat juga, widih keren dah pada ngebut2 gilaa dijalan, ini jalanan milik siapa, kok kayak milik pribadi, ahhahaa biasalah anak mudaa hahaa (maafin yee)... And pas nyampe Binuang, ane buang deh temen2 ane yang lain, soalnya mereka kaga ikutan ke Balipat, kebetulan didekat situ ada Danau Biru Blok F, ya udah tak buang disitu hahaha....And kini ane ama Aan lanjut menuju Sirkuit Balipat and whattss, baru di depan udah ada retribusi masuk, so ane coba bbm and calling temen ane (Ka Rusyda), and Bbm ilang sinyal, telepon kaga diangkat juga. What must be we doing here??? and Aan pun mencoba ngehubungi kenalannya and berhasill, finally kami berhasil masuk and gratis hahaha... nextt>>>
And setelah masuk, Aan duluan ama kenalannya liat balapan, ane coba2 ngehubungin Ka Rusyda tapi hasilnya nihil and ane putuskan buat ngikutin jejak Aan BUT jadi kagok sendiri, bingung arah tujuan hahaha, beruntung ketemu Ka Rusyda, and dia billang "sorry karena kga denger bunyi handphone, jadi kga tau kalo ada yang telepon", ~iyaa kga apa2 ka, tadi udah masuk free juga lewat kenalan temen hehehe~..  dimana ka liatnya, "kamu naik aja keatas itu ada kosong disana, masuk pagar ini", makasih ka~ and salam2 sama kaka and suaminya,trus ane pamit liat balapan. Ane jadi susah ini foto2, ngehubungin Aan juga kaga ada sinyal, beruntung ane liat seorang pria yang sibuk foto2 dan selfie (sepertinya dia juga sendirian), and langsung melakukan rencana jahat, yakni bunuh tu orang ahahaha~ gak kok, maksudnya mau minta fotoin, entar gantian haha...
Plang Ke Sirkuit Balipat Binuang

And beginilah foto abal2 ane disana hahaha~

and tersadar ane dengan teman2 yang udah nungguin mau ke Goa Batu Hapu, cuss balik nemuin mereka. nah ane sekalian jelasin rute kesana, start poin awal yakni pasar binuang, sebelumnya ada belokkan ke kanan (dan ada plang Goa Batu Hapu), masuk kesitu.

lurus aja jangan belok2 (meski ada perempatan), hingga nanti ada cabang jalan, pilih yang kanan. kalo kiri rasanya menuju sirkuit.

nanti ada cabang jalan lagi (belokan ke kanan), tetap ambil lurus but saat ini lagi perbaikan jembatan, so ambil kanan, terus tidak jauh ada jalan darurat (belok kiri) yang melewati jembatan yang sedang diperbaiki.

ikuti saja jalan yang ada plang bertuliskan Goa Batu Hapu (still lurus)
nah nanti ketemu lapangan bola, yang disampingnya ada jalan belokan ke kiri dan ada plang Goa Batu Hapunya, belok kesitu...

nanti bertemu jalan truk tambang, lurus aja vrohh nyebrang...
lurus lagi, meski ada belokan(kekiri), kalo kamu belok ke kiri kga bakalan ketemu itu goa, karena bukit batu hapunya persis dihadapan kita...
nah terakhir nanti jalannya agak membelok tapi tetap lurus, jangan ambil kanan. kalo kanan ke jalur tambang, nah ini sudah tidak jauh dengan mulut goa batu hapu.
And nanti sampai lah dtempat yang bertuliskan Goa Batu hapu, tempatnya berpagar2 biar kaga dimasuki oleh sembarangan orang gitu~
ini dimulut goa, bukan tebing lohh, jadi aman buat foto2 hehehe~
foto miring2 dulu, eaa~
ane, bayu, anita, naufal and wahyu
tempat favorit bereksis ria, dbawah lubang cahaya goa~
ini nyonyah biang kerok yang bikin foto gagal wkwk
ala2 kereta api tuut tuutt kentutt~
and ada sesatu didekat nyonyah yang ikutan eksis wkwkwk

unik ini bentuknya, sayang udah ada yang nyorat nyoret dinding goanya~
and ane benar2 bersyukur kesini lagi, karena ane baru nyadar kalo Goa Batu Hapu itu luas, mungkin mata ane dulu ketutup ama kegelapan goa, cuss deh menjelajah isi goa~



konyol moment hahaha~
and saatnya pulang??? ya enggak lah, kita orang nyari mulut goa yang lain. katanya dbukit batu hapu ini terdapat banyak mulut goa, tepatnya berada di belakang rumah warga (rumah RT saat itu). kata warga yang kami tanya, disini ada 3 mulut goa dan biasanya banyak yang ngecamp dhutan karetnya.
nah ini mulut goa pertama, disini berair, sepertinya diigunakan warga untuk mengambil air sehari2, coznya terdapat selang2 warga.
lorongnya yang kecil alias harus tiarap/jongkok, membuat kami malas untuk susur goa, alhasil cuma bereksis ria didepannya~

dan ini mulut goa yang ke-dua, yang ini super luas but ini goa sudah jadi kerajaan kelelawar, penuh dengan bau dan suara bising khas kelelawar~
nah ini dia dalamnya, besar sih tapi ya itu tadi khas kelelawar, and waktu juga udah terlalu sore, so kami cuma bereksis ria, gak susur goa dan setelahnya balik ke Banjarmasin dan gak mencari mulut goa yang ketiga~

nah, ini review sirkuit balipat dan goa batu hapu, come-on jalan2 kesini, tapi jangan lupa jaga kebersihan ya, apalagi di goa batu hapu banyak bersemayam makhluk2 alam sebelah, kalo ngerusak tempat orang, entar kamu diruskaknya loh wkwk... sayonara~

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...