Tuesday 10 March 2015

Berkunjung Ke Goa Baramban, Kec. Piani - Kab. Tapin (Rantau)

Goa ini Terletak di desa baramban kecamatan Piani, Kabupaten Tapin (Rantau). Goa alam ini memiliki beberapa Goa yakni Goa Air, Goa Macan dan yang paling atas yakni Goa Kelelawar. Berdasarkan agenda dari warga sana bahwa tanggal 07/08 Maret 2015 Goa ini dibuka untuk umum dengan diisi hiburan musik dan masuk wisata gratis, tentunya menambah semangat ku untuk kesana..hehehe Kebetulan banget buhan grup Traveling Kalsel pada mau ksana, so aku dan temanku kamal mau ikutan juga ksana.. Jam 6 pagi udah standby mau ksana, but hujan tak kunjung reda hingga waktu menunjukan hampir jam 8 baru berangkat dari Banjarmasin. Setelah ±3 Jam melewati simpang taman tirik hingga sampai di bundaran kota dan pilih jalur dalam (tidak melewati Kota Rantau) menuju terminal kota. Nah diseberang terminal akan ada jalan, nah ini jalan masuk ke desa baramban. Dari sini jalan santai hingga ±45 menit nyampe ke desa Baramban, untuk rute lebih detail scroll ke bawah ya..  ☺☺☺

Goa pertama yang kami masuki adalah Goa Macan. Saya sendiri kurang tau kenapa goa ini dinamakan Goa Macan, mungkin didalamnya ada arsitektur berbentuk macan atau bisa jadi dulu pernah ada macan yang tinggal disini hehe... Kemaren pas tanya warga2 yang juga berkunjung kesana, katanya didalam nya luas. Sayang bingit karena kondisi goa yang terlalu gelap, tak membawa penerang yang cukup, kami hanya masuk sekitar 3meter itupun cuma buat foto2 hehehe...
di mulut Goa Macan.............

ini di dalam Goanya yang gelap vrohh

and next kami turun ke bawah ke arah aliran sungai, yakni ke Goa Air. Di Goa ini mengalir sungai yang saya sendiri kurang tau berapa panjang goa dan aliran airnya. Untuk susur goa, mungkin bisa diusulkan menggunakan ban kayak Goa Pindul Jogja, pasti keren deh, tentunya harus ada guide demi menunjang keselamatan wisatawan.

and next kami naik ke atas menuju Goa Kelelawar. Mungkin karena di dalamnya terdapat kelelawar, jadi dinamakan demikian. Untuk susur goa, sudah disediakan senter, hanya saja kami cuma berdua, para anggota Traveling Kalsel udah masuk duluan, jadi kami gak ikutan susur goa. Awalnya kupikir goa ini kecil karena untuk memasuki mulut goa harus menunduk, pas masuk kedalam ternyata luasnya pakai kebangetan hahaa

di dalam goa kelelawar, dari sini tedengar sangat jelas decitan para kelelawar

nah sekarang rutenya, dari banjarmasin melewati Banjarbaru - Martapura - Astambul - Sungai raya - Simpang Empat / Pengaron - Desa Sungkai  - Tungkap - Binuang - Pulau Pinang - Tatakan ( Makam Datu Sanggul ) - Tambarangan dan sampai di Simpang Tirik (liat gambar dibawah ini)...
 Dari Taman Tirik lurus hingga berjumpa bundaran dan belok kanan Ke Kecamatan Piani (Arah dalam kota Rantau). Kalau ambil lurus maka akan ke kota Rantau dan memasuki Kecamatan Bungur
 Lurus mengikuti arus hingga beberapa Km jauhnya akan bertemu dengan Terminal

Setelah terminal akan nampak simpang empat, belok kanan untuk menuju Desa Baramban...
...ini jalan masuk ke Desa Baramban...
 Lurus aja mengikuti arus, meski ada belokan ke kanan. Still ambil jalan lurus..
 Setelah itu akan bertemu simpang empat pertama, ambil lurus aja. Nah setelah simpang empat kedua yang ada warungnya, baru belok kanan.
 Lurus beberapa km mengikuti arus, hingga melewati simpang 4 yang sepertinya sih jalur tambang truk. Still Lurus..

Nah sampai nanti di daerah pertambangan, yang dikiri kanan jalan terlihat areal tambang yang besar...

Lurus aja ikuti jalan utama....
 Hingga nanti menemui " Camp Hutan Penelitian " itu berarti sudah dekat dengan Desa Baramban
 Melewati bukit2 hijau nan cantik.. Still Lurus..
 Nanti akan ada plang di kiri jalan bertuliskan " Selamat Datang di Objek Wisata Goa Beramban "

Mungkin begini ilustrasi peta / denah menuju goa baramban...

#Maaf apabila terdapat kekurangan / kesalahan atas postingan ini :)