Saturday 14 June 2014

Wisata Pagat dan Air Panas Hantakan Barabai

Sepertinya Aku dan sepupu ku lagi kena virus Travelling, pengennya jalan-jalan mulu, gak tau tuh dompet lagi kosong.. wkwkk….   Waktu itu sepupu ku pengen balik kbarabai, mau mandi2 gitu katanya.  Pas banget neh kataku kita jalan2 disana, ayoo katanya…  eh pas H-2nya sepupu ku mau ktabunganen, gagal neh kataku, trus aku baca statusnya pengen kpantai gitu, ahh jadi males lagi deh, tuh anak emang sukanya kepantai ketimbang daerah pegunungan…   pas H-1 aku baca statusnya dia lagi dibarabai, langsung dah ku sms, ayo kita jalan2, oke katanya…  Langsung dah pinjam kamera kantor + Ngutang sama ortu buat biaya perjalanan hahaha, go sabtu ini to Barabai…..

Jam 07.30 berangkat sendirian dari Banjarmasin, it’s first time to me to barabai alone…wkwkk  Baru nyampe daerah gambut, tau2 ada mobil yang kecebur ksungai dpinggir jalan. Waduh, jadi gugup neh. Apalagi ini motor belum ganti oli, jadi dag dig deng sepanjang jalan, takut neh motor mati mendadak alias mogok…  Sampai ke daerah martapura kena macet pula, wah kacau nih, rasa pengen balik aja ke Banjarmasin..  hiksss…   -_-   Dengan berbekal Doa kepada Tuhan, perjalanan pun dilanjutkan hingga akhirnya sampai sana Jam 12.00, langsung deh nyari bengkel buat ganti oli. Pas shabis dzuhur kami baru berangkat ksana, ke daerah PAGAT BATU BENAWA.  Ternyata oh ternyata sepupuku belum pernah kwisata ini, OMG, aku aja yang bukan orang sini udah 2 kali kesini kataku, but saat itu lagi kecil, so kaga punya kenang2an foto disono, ☺ ☺☺
Akhirnya sampe juga di daerah Kecamatan Batu Benawa, dari sini udah ada papan petunjuk menuju lokasi wisata Pagat / Air Panas Hantakan, jadi gampil dah kalo mau ksini…..

Pas sampe sini (Wisata PAGAT) berasa seneng banget dah, secara ya Obyek wisata Pagat Batu Benawa memiliki panorama alam yang indah.Alamnya yang indah, udara yang sejuk, bukit dan sungai yang jernih dan alamnya yang damai membuat lokasi wisata ini banyak dikunjungi wisatawan.Selain itu terdapat sumber air jernih dari dalam Goa yang berada dikaki Gunung SariGading.Menurut legenda merupakan pecahan dari kapal milik Raden Pengantin si anak durhaka.Untuk menyeberangi sungai menuju bukit, pengunjung dapat membergunakan rakit (lanting) atau jembatan gantung.Untuk memudahkan pengunjung mencapai puncak bukit telah dibangun tangga kayu. Dari puncak Gunung SariGading ini pengunjung dapat melihat pemandangan gunung di kota Barabai.

-- Kondisi di dalam goa yang berair dan agak menyeramkan, hehehe --

-- Puncak Gunung SariGading --

Sekarang kita lanjut ke wisata manggasang kata sepupuku, pas nyampe sana eh tuh tempat penuh ama anak2 sekolah, kayanya lagi pada lulusan neh, cozx bajunya pada corat coret trus ntu rambut juga pada diwarna warnai (wew keren wkwkk ☺ ☺☺ )…

Yowes, kita ke air panas hantakan aja kataku, kebetulan kami memang kurang tau ama ne jalan, apalagi udah kga ada papan petunjuk mengenai neh tempat membuat kami tambah bingung, alhasil kami pun tersesat. Pas disana tanya2 dah ama orang sekitar, ternyata kami salah jalan. Langsung dah putar balik, klo kga salah (coz lupa) setelah melewati wisata manggasang, nanti ada simpang 3, nah klo lurus itu ktempat yang kami salah jalan tadi, klo belok baru bener ke AIR PANAS HANTAKAN. Sesudah sampe sini belok lagi kekiri, setelah ini baru ada papan petunJuk ke wisata Air Panas. Pas sampe sana, rasanya benar2 berubah neh tempat, dulu gak ada water boom, sekarang ada water boomnya. Pengen masuk tapi biaya tarifnya 20rb per Orang, klo 3 orang berati 60rb, tadi udah kecolongan buat bayar ini itu di wisata pagat, apalagi uang didompet udah benar2 tipis, itu juga ngutang sam ortu kataku dalam hati, klo ada juga pasti dah aku yang bayar kataku lagi di dalam hati. Gimana neh kataku ke-sepupuku, ke air panas aja deh kata sepupuku..  okehh kataku (Alhamdulillah teriakku didalam hati hahahha)….  Tidak ada yang berubah klo di dalamnya, semuanya terasa sama. Disini terdapat beberapa kolam air panas yang dipergunakan untuk mandi dan berendam.Kandungan belerang yang yang terdapat dalam air panas ini dianggap dapat menyembukan penyakit kulit. Agak miris sih melihat pengunjung begitu sepi, gak kaya di Wisata pagat or Wisata manggasang yang membludak ama pengunjung, tapi ya mau bagaimana lagi, ini tempat begitu kecil. Kolam-kolam nya juga gak terlalu besar, Air panas yang benar2 panas juga gak bisa dimasuki banyak orang, tapi aku benar2 bersukur saat itu, karena aku bisa puas2 dah nyebur dikolam. Hahahah ☺ ☺☺ ☺ ☺☺  Apalagi ini pertama kalinya aku mandi dikolam renang, dulu cuma liat2 doang klo ksini..hihiii   Senang banget dah, tapi gak bisa berlama2 dsini, air yang awalnya kerasa panas, lama kelamaan berasa dingin, aku pun naik dan ganti baju, kebetulan jam udah nunjukin pukul 5 sore, waktunya balik kerumah sepupuku.

Nasib2, kami benar2 lupa ama jalan, alhasil kami pun salah jalan, awalnya sih fine2 aja gak ada yang nyadar, tapi aku ngerasain ada yang aneh ama ne jalan, perasaan tadi jalannya gak ada yang rusak, wisata manggsang juga gak keliatan and malah sekeliling cuma gunung2, wah salah neh kataku. Langsung dah nanyain orang sana, klo ke Haruyan jauh gak, ohh Cuma 5 Pal kata itu orang. Jadi kamipun berusaha untuk lanjut, seneng sih liat gunung2, apalagi ada yang bergoa juga lo tu gunung, kayak GOA BATU HAPU RANTAU, namun itu dijadiin daerah penggalian, jadi gak berani foto2 dsono, takut dimarahin ama orang2,ihiihiii ☺ ☺☺ setelah perjalanan yang benar2 berasa lama, saya rasa ini 25 pal, bukannya 5 pal hahah mungkin karena gak terbiasa jalan naik turun dengan kondisi jalan yang rusak parah,ahahhaa  Akhirnya kami sampai juga di daerah haruyan dan Alhamdulillah selamat.. sukurlahhhhh..langsung dah nyari tempat makan, apalagi kata sepupuku dia yang traktir, wah tambah semangat neh wkwkkk ☺ ☺☺ ☺ ☺☺ ☺ ☺☺