Friday 13 December 2013

Cara Menghilangkan Gangguan Virus Shortcut (Recycler) Pada PC/Laptop

Virus Shortcut memang bukan virus yang ganas sih (karena gak merusak file yang ada), namun selalu bikin kesal karena penyebarannya itu lho cepat beut... apalagi klo Komputer / Laptopnya punya Antivirus yang lemah (contohnya SMADAV), bukannya hilangin malah nambah nyebar. Apalagi klo colokin FD/Hd Eksternal, wah beranak pinak deh tu virus. Dulu saya juga pernah menggunakan AVIRA Antivirus, yah ampuh sih awalnya, tapi ujungnya Windows saya dibersihkan oleh si AVIRA (yang tanpa perasaaan) karena dianggap virusnya sudah masuk windows. Alhasil harus nginstal ulang dah....

Setelah saya searching2 dgoogle, banyak sih cara buat ngilangin virus ini tapi tetap aja ujung2nya instal ulang. Nah kemaren itu kebetulan Teknisi di Kantor saya udah ganti orangnya, dia nginstalin Kaspersky 2012. Kebetulan juga FD saya ada neh virus (maklum anak kuliahan colok sana sini), eh tau2 nya itu komputer ngadat / trus saya restart deh (gugup sih awalnya), setelah on saya coba untuk scan sebersih mungkin dan alhamdulillah normal kembali (gak kaya avira, windowsnya langsung rusak klo dscan).

Setelah itu saya hanya menggunakan Anti Virus Kaspersky 2012 (bisa download di http://www.4shared.com/rar/qrx4B-OA/Kaspersky_Anti-Virus_2012_Fina.html ). Dan saya jalankan di laptop pribadi saya, alhamdulillah resiko untuk windows rusak (harus nginstal ulang) udah gak ada.

Awalnya Ngadat juga sih, klo ada fd yang terkena virus shortcut ini dicolokin ke pc/laptop MESKI sudah ada Anti virus Kasper Sky-nya. Biasanya ditandai dengan munculnya Folder RECYCLER pada Local Disk C/D/E, trus di FD ada Shortcut2 gitu. Klo kita Hapus trus dRefresh muncul Lagi / bahkan kita FORMAT FDnya pun tetap muncul itu virus, itu dikarenakan VIRUSnya sudah masuk windows, Tapi jangan khawatir dlu deh, gak harus di instal ulang kok. Nah sebaiknya Buka "Unhide di PC/Laptop" (takutnya malah mencopy virus/biasanya file aslinya dihide oleh virus), trus copy file2 penting yang ada di FD, buat dalam satu folder. Restart dulu komputer, trus bersihkan (SCAN menggunakan KASPERSKY 2012). Scan selama dan sebersih mungkin (jangan kya SMADAv ya, yang begitu cepat scanningnya dan katanya bersih, tau2nya masih ada). Klo udah bersih itu PC/Laptop, colokin Fd yang bervirus tadi ke PC/Laptop, Lalu klik kanan FDnya, klik format aja tuh FD yang bervirus (tanpa harus membuka fdnya/ takutnya bisa menyebar lagi), selesai diformat trus lakukan scan pada FD tersebut. Klo udah bersih, copy file fd yang udah disimpen di PC/laptop tadi ke fd. Lakukan Scan lagi, kemudian Eject. 

Coba deh dicolok lagi, apakah masih ada virus shortcutnya di fdnya? gak ada lagi kan. nah berarti PC/Laptop dan FD nya udah aman dari gangguan virus shortcut. Namun jangan heran klo masih ada folder recyler yang tertinggal di local disk C/D/Enya, but itu gak masalah kok, gak ganggu dan gak aktif lagi virusnya. Buktinya udah gak ada muncul virus shortcut klo nyolokin FD ke PC/Laptop. Tapi klo maunya dihapus, bisa menggunakan "hirent boot / trus gunakan mini windpws xp atau safe mode" hapus foldernya melalui itu. Dicoba dulu aja ya, selama ini ampuh kok (bagi saya) hehehe, trus knapa saya menggunakan Kaspersky 2012 itu bukan ada hal khusus kok. Kemaren itu kan belum keluar versi terbarunya dan saya bukan tipe orang yang suka update/ upgrade program gitu, jadinya sampai sekarang masih menggunakan versi yang lama dan Alhamdulillah udah gak cemas klo dicolokin FD yang ada virus shortcutnya.... ☺☺☺

No comments:

Bukit Antena AKA Dilam

Halooo gess, kali ini aku mau kenalin Bukit Antena atau Bukit Dilam yang terletak di Sungai Jelai, Tambang Ulang, Pelaihari. Bagi yang perna...