Thursday 14 July 2016

Bukit Janar Pengaron

Sabtu, 04 Juni 2016, Kali ini masih di edisi Late Post...!! Weekend Sebelum Menjelang Bulan Puasa, Saya dan Kawan2s Mengisinya di Bukit Janar, Pengaron. Sebenarnya bukit ini tepatnya sih di Desa Gunung Sambung, Kecamatan Sambung Makmur. Tapi lebih sering disebut2 Bukit Janar Pengaron, so saya ambil "Judul" itu aj pada postingan kali ini and karena rute yang kami jalani juga lewat Pengaron Hehehe~ Trip kali ini super2 maksa, soalnya cuaca benar2 tidak mendukung, kadang panas kadang hujan, dan kerennya saya jam 2 sore baru otw dari Banjarmasin ke Bati-Bati Jemput Suhaimi, and nunggu Bayu dan Rizal di Martapura (katanya lagi macet di Banjarbaru), hahaha luar biasa#, alhasil tepat "Bang Ashar" baru nyampe di Desa Mangkauk Kec. Pengaron, terlebih dahulu kami Sholat Ashar berjamaah memohon kelancaran perjalanan, and Alhamdulillah hujan benar2 reda pas kami memulai perjalanan. Beruntungnya lagi, Suhaimi punya kenalan yakni Rafi'i, so Dia dan temannya Husin yang mengantar kami ke Bukit Janar Pengaron, jadi kaga perlu mikir harus lewat mana and tanya warga sekitar hehehe~ Benar2 puas dah jalan2 kemari, apalagi pas pulangnya disuruh Rafi'i mampir ke rumahnya, lumayan dapat makanan dan minuman gratis ahahaha~ #Thankss  ~noh, scroll ke bawah untuk rutenya yah... Maaf jika ada kesalahan, coznya lupa2 ingat hahaha~

"Saya, Suhaimi, Bayu, Rafi'i, Rizal and Husin"

Rute menuju Bukit Janar, Desa Gunung Sambung Kec. Sambung Makmur :
Dari Martapura lurus melewati Kelampayan, Danau Salak, Astambul dan Sungai Raya sampai nanti di kiri jalan ada plang bertuliskan "Benteng" Seperti gambar dibawah ini :
Nah tidak jauh dari situ belok kanan untuk menuju Pengaron / Benteng..
Lurusja berkilo2 jauhnya hingga ketemu ama Pasar Pengaron, berati sudah melewati Desa Pengaron and Terus Lagi Melewati Desa Benteng, Hingga Nanti sampai di Desa Mangkauk.....

And nanti Di Desa Mangkauk ada perempatan jalur Tambang, still lurus aja...
And Pas di perempatan kedua, dmana sebelumnya ada Langgar/ Mesjid. Nah belok kiri
(seperti digambar)...
Cirinya kalo kita belok kiri, ada menara pemancar dikiri jalannya...
Untuk jalannya lumayan, tapi bukan tanah merah, so kaga begitu licin pas lepas dguyur hujan.
And nanti bertemu cabang jalan ke kanan yang sudah beraspal, nah belok kesini. Kalo kaga salah ini memasuki Desa Madu Rejo, Kecamatan Sambung Makmur.
And Nanti ada cabang2 jalan lagi, still ambil kiri (lihat gambar bawah)
And kalo benar jalan yang diambil, maka akan ada tulisan Selamat Datang Di Desa Madu Ejo, saya sendiri bingung, apakah Desa Madu Ejo perpecahan dari Desa Madu Rejo atau cuma salah tulis?? yang jelas di plang bertuliskan seperti itu~
Kalo sudah masuk sini nih, KEISLAMANnya kental banget~ banyak sekolah2 Islam disini~
Nah ini juga salah satunya, rasanya pesantren dah....
And nanti ada belokan ke kanan jalan aspal, lupa kemana, yang jelas bukan belok sini~ Still Lurus
Nanti ada jalannya bebelok nikung seperti ini, and kalo lurus ada jalan tidak beraspal, nah PILIH LURUS.
Ciri2nya di kanan jalan ada Langgar/ Mesjid. And kalo kaga salah ini yang namanya Desa Gunung Sambung, lupa baca plangnya heheh~ Yang jelas di situ bertuliskan Jalan Gunung bla bla bla~
And still lurus ikuti jalan yang agak lebaran~
And lama kelamaan jalannya menyempit but disini sudah terlihat pemandangan gunung/bukit2
Ini harus hati2 karena jalannya nanjak dan tanah merah>>>
And ini rumah terakhir sebelum sampai ke Bukit Janar, kalo mau aman parkir motor disini, tapi lumayan jauh jalan kakinya~
And karena kami yakin aman2 aja, kami parkir dibawah kaki Bukit Janar, jangan kaget lo liatnya, karena Bukit Janar ini kecil tapi lebih tinggi di banding bukit sekelilingnya, jadi ajib pemandangannya~
Well, kita jalan kaki dulu~
And keunikan dari Bukit Janar ini, banyaknya terdapat Batu2 berserakan diatas puncak bukitnya, jadi keren buat foto2, hanya saja kami kemaren terlalu banyak "Kabut" yang muncul~
Seandainya kaga kabut, akan terlihat bukit2 hijau yang berbaris, keren dah pokok'e
Noh, dari sisi lainnya pun, backgroundnya bukit2 hijau~
And karena kabut + abis hujan, sunsetnya jadi nanggung. Seandainya lagi pas2nya tuh "Sunset Orange" keren bener dah~
Noh, ini foto2 with buhannya, puncaknya hijau2 berbatu, nice dah~
And dikelilingi barisan bukit2 hijau lainnya~
Hayokk kesiniii, mumpung masih hijau...heheh~
And Jangan Lupa Stay Clean....!