Tidak
terasa COVID-19 sudah 2 tahun melanda di Indonesia, terhitung pada Maret 2020 Presiden Joko Widodo (Jokowi)
mengumumkan ada dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona yakni
perempuan berusia 31 tahun dan ibu berusia 64 tahun. Adanya pandemi COVID-19
menimbulkan banyak dampak di berbagai Negara, termasuk di Indonesia. Pemerintah
selalu menghimbau agar mentaati 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan
Menjaga jarak. Karena masyarakat memiliki peranan penting dalam upaya menekan
angka penularan COVID-19. Dengan menggunakan masker, penularan bisa ditekan
jauh. Lalu, perilaku menjaga jarak terutama di ruangan tertutup mengurangi
risiko tertular lebih besar lagi.
Kemudian
pentingnya cuci tangan adalah untuk menghindari kuman atau virus yang tidak
sengaja tertempel karena droplet (percikan) atau karena menyentuh benda yang
sudah terkontaminasi virus. Hal ini bisa menginfeksi apabila kita tidak sengaja
mengucek mata, sehingga disarankan untuk
mencuci tangan dengan sabun di air mengalir. Dampak lain yang dirasakan akibat
dari COVID-19 yakni banyaknya pembatasan untuk aktivitas bertatap muka.
Pemerintah menganjurkan kegiatan lebih banyak dilakukan dari rumah, seperti WFH
(Work From Home), Sekolah Online, Meeting Online, dll. Oleh sebab itu saya sendiri
lebih banyak membeli barang keperluan sehari-hari dari rumah saja. Apalagi di
masa pandemi seperti ini banyak penyedia barang atau jasa secara online,
tentunya praktis dan tanpa harus keluar rumah.
Untuk urusan kesehatan saya menggunakan aplikasi SehatQ untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. SehatQ adalah penyedia layanan kesehatan digital yang berdiri pada November 2018 dan dapat kalian download aplikasinya di Playstore ataupun AppStore. Selain itu kalian bisa mengakses langsung di websitenya SehatQ.com. SehatQ menyediakan layanan chat dokter, booking dokter, booking layanan kesehatan, toko vitamin dan Beli obat online, dan menyajikan beragam informasi seputar kesehatan, obat-obatan, hingga fasilitas kesehatan dan dokter.
Tampilan Website SehatQ
Mungkin masih ada yang bertanya-tanya, kenapa harus memilih layanan kesehatan di SehatQ ? Sekarang saya tanya balik, kenapa gak memilih layanan kesehatan di SehatQ aja? Ada banyak berbagai fitur layanan dan promo menarik yang bisa kalian dapatkan dan dapat dengan mudah diakses di SehatQ.
Fitur
Layanan Kesehatan Yang ada di SehatQ, yakni :
1.
Toko
Pada
fitur ini pengguna bisa dapat membeli obat atau produk-produk / layanan
kesehatan lainnya. Terdiri dari berbagai macam jenis obat, masker, keperluan
ibu dan bayi, alat kesehatan, treatment kecantikan, vaksinansi, pokoknya
lengkap. Tentunya ada promo-promo menarik sepertin potongan harga dan kalian
bisa memilih sendiri tipe harga dari produk/ layanan kesehatan, juga pilihan
lokasinya dimana, artinya SehatQ sudah bekerja sama dengan banyak mitra kesehatan di seluruh Indonesia.
2.
Obat
Pada
fitur ini pengguna bisa melihat informasi mengenai jenis obat beserta
kegunaannya, lengkap dengan kandungan bahan di dalamnya, dosis pemakaian,
aturan pakai dan efek samping dari obat tersebut. Dan juga terdapat jenis obat
yang paling sering dicari, serta susunan informasi obat dari A-Z.
3.
Artikel
Pada
fitur ini pengguna bisa melihat berbagai macam artikel mengenai cara hidup
sehat, penyakit, kulit & kecantikan, kesehatan mental, kehamilan dan
lainnya. Pengguna hanya perlu mengarahkan kategori artikel mana yang ingin
dibaca, cukup mudah bukan?
4.
Tindakan
Medis
Pada
fitur ini pengguna bisa melakukan Booking Tindakan Medis di salah satu mitra
kesehatan yang ada di SehatQ. Untuk jenis tindakan medis nya sudah tertera
pilihannya apa saja berupa artikel, lengkap dengan penjelasan mengenai tujuan
tindakan medis, prosedur tindakan, resiko dan biayanya.
5.
Dokter
Pada
fitur ini pengguna bisa melihat dan memilih dokter yang diinginkan, kemudian
pada menu pencarian pilih dokter sesuai yang diinginkan. Terdapat informasi
profil dokter, beserta jadwal praktiknya, sangat lengkap bukan. Dokter yang ada
di SehatQ tentunya sudah ahli di bidangnya, jadi tidak perlu diragukan lagi.
6.
Rumah
Sakit
Pada
fitur ini pengguna bisa melihat FasKes yang lokasinya tidak jauh/ terdekat dari
pengguna, dan didalamnya sudah terdapat informasi lengkap mulai dari Tipe
Faskes (Rumah Sakit, Klinik, Lab, Dll), Jam Operasional, Alamat dan Profil dari
FasKes Tersebut.
7.
Penyakit
Pada fitur ini pengguna bisa melihat informasi
mengenai jenis penyakit tersebut, didalamnya terdapat penjelasan mengenai
ciri-ciri / gejala jika terkena penyakit tersebut, obat dan pengobatannya,
serta dokter yang sesuai dengan penyakit tersebut. Dan juga terdapat susunan
informasi penyakit dari A-Z, beserta artikel terkait didalamnya.
8.
Chat
Dokter
Pada
fitur ini pengguna bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter, bahkan kita
bisa memilih sendiri dokter yang diinginkan. Informasi mengenai dokternya pun
sudah lengkap, mulai dari profile dokter, pengalaman bekerja, jadwal praktek
bahkan biaya konsultasi juga sudah tertera.
9.
Forum
Pada
fitur ini pengguna bisa dengan mudah berkonsultasi dengan dokter, tepatnya
tanya jawab dalam sebuah forum diskusi. Berbeda dengan Chat Dokter yang
sifatnya pribadi, untuk Fitur Forum bersifat diskusi umum yang dapat dilihat
oleh semua orang.
10.
Tes
Kesehatan
Pada
fitur ini pengguna bisa memantau kondisi kesehatan keluarga melalui instrumen
digital yang akurat dan mudah digunakan. Untuk Tes Kesehatan yang disediakan
seperti Kalkulator BMI, Cek efek samping vaksin, Survey kelayakan vaksin
COVID-19, Kalkulator usia kehamilan, dan masih banyak lagi.
11.
Layanan
Pemeriksaan
Pada
fitur ini pengguna bisa melakukan pelayanan pemeriksaan di SehatQ. Di dalamnya
sudah ada filter berupa layanan pemeriksaan apa yang diinginkan, pilihan kota
si pengguna, dan juga perkiraan harga yang bisa sesuai dengan kantong, sangat
mudah bukan?
12.
Booking
Pada
fitur ini sebenarnya sama dengan fitur Dokter, perbedaannya hanya pada sistem pencarian.
Disini kita terlebih dahulu memilih Fasilitas Kesehatannya (Rumah Sakit,
Klinik, Lab, Dll), baru kemudian memilih Tipe Layanan dan Tanggal Layanan, dan
nanti diakhir akan muncul pilihan dokternya, disini kita memilih mau dokter
yang mana, tentunya sdah sesuai dengan apa yang kita inginkan.
13.
Review
Pada
fitur ini sebenarnya hampir sama dengan fitur artikel, perbedaannya hanya di
isi artikelnya. Untuk menu review lebih banyak berupa artikel yang menjelaskan
mengenai suatu produk atau mengenai rekomendasi pilihan terbaik utnuk pengguna.
14.
Promo
Pada fitur ini
pengguna bisa melihat promo menarik yang ada, dengan promo ini pengguna bisa
menemukan potongan harga yang ada disemua layanan kesehatan, mulai dari
potongan harga untuk pembelian maupun booking.
Mungkin masih banyak masyarakat yang masih tidak percaya atau ragu-ragu
dengan layanan berbasis online, karena takutnya penipuan dan tidak aman. Nah
perihal keamanan pelayanan dan tranksaksi produk di SehatQ, kamu tidak perlu
khawatir. Karena SehatQ telah memiliki sertifikasi PSEF atau Penyelenggara
Sistem Elektronik Farmasi dari Kementrian Kesehatan.
Dikutip dari https://www.sehatq.com/review/sehatq-raih-sertifikasi-psef
: Menurut definisi dari Kementerian Kesehatan, PSEF adalah badan hukum yang
menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan sistem elektronik farmasi untuk
keperluan fasilitas pelayanan kefarmasian.
Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh penyelenggara PSEF ini.
Persyaratan tersebut antara lain memiliki surat tanda Penyedia Sistem
Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo), akses pengawasan
pemerintah, dan izin dari Kementerian Kesehatan. Sertifikasi ini merupakan
tanda bahwa SehatQ telah menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet
sesuai dengan peraturan pemerintah.
Dengan adanya PSEF ini diharapkan SehatQ menjadi pilihan bagi masyarakat
untuk memperoleh pelayanan kefarmasian yang bermutu melalui pemanfaatan
teknologi, khususnya di masa pandemi di mana masyarakat membutuhkan akses yang
lebih mudah terhadap pelayanan kesehatan. Tanggung jawab SehatQ akan semakin besar
dengan sertifikasi PSEF ini. SehatQ terus berkomitmen untuk menyediakan layanan
online kefarmasian yang berkualitas dan terpercaya, sehingga membantu
pemerintah memberikan kemudahan bagi masyarakat Indonesia untuk menggunakan
layanan telefarmasi tanpa ragu.
No comments:
Post a Comment